English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Direktur PNUP Kukuhkan 1.270 Mahasiswa Baru

27 Aug 2018 - 13:45 WITA · HUMAS · 310

Melalui rapat terbuka luar biasa senat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), sebanyak 1.270 mahasiswa baru PNUP tahun akademik 2018/2019 dikukuhkan oleh Direktur PNUP. Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., pada Senin (27/8) bertempat Lapangan Merdeka Kampus I PNUP. Usai dikukuhkan, mahasiswa baru tersebut langsung mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) hingga 2 September. PKKMB yang berlangsung selama seminggu terdiri dari empat rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru PNUP. Rangkaian kegiatan itu meliputi Sistem Perguruan Tinggi (SPT), pengenalan jurusan dan organisasi kemahasiswaan, pembinaan kerohanian, dan pendidikan bela negara.

Dalam pidatonya usai mengukuhkan para mahasiswa baru PNUP, Hamzah Yusuf mengungkapkan bahwa transisi dari status sebagai siswa menjadi mahasiswa tentu memiliki perbedaan dan tantangan tersendiri mulai dari sistem akademik hingga lingkungan kampus yang harus segera dilakukan adaptasi. Untuk itu, pengenalan kehidupan kampus penting dilakukan bagi mahasiswa baru guna memperkenalkan bagaimana sistem pendidikan tinggi, cara belajar mandiri, dan suasana di kampus baru agar mereka segera menyesuaikan diri karena setiap perguruan tinggi memiliki ciri khas masing-masing yang harus diketahui oleh setiap mahasiswa begitu pula halnya di PNUP.

Ditambahkan lagi olehnya bahwa para mahasiswa baru merupakan calon-calon generasi emas Indonesia yang dituntut untuk menjadi SDM yang kompeten, mampu berfikir inovatif, optimum menguasai bidang ilmu, dan menerapkannya dalam dunia pekerjaan.  Apalagi saat ini, dunia global termasuk Indonesia tengah memasuki Revolusi Industri ke 4 (RI 4.0) yang tidak terelakkan lagi dan harus dihadapi oleh generasi muda Indonesia.

Dalam kegiatan PKKMB disajikan sejumlah materi dan simulasi yang relevan dalam memperkenalkan dunia kemahasiswaan guna membantu transformasi karakter siswa menjadi mahasiswa sehingga dapat menciptakan karakter mahasiswa di mana mereka harus memiliki sifat kritis, mandiri, dan ilmiah. Orientasi lingkungan kampus tetap diperlukan karena calon mahasiswa memasuki lingkungan baru yang berbeda dengan dunia sekolah sebelumnya. Tujuan orientasi adalah agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan baik sehingga dalam menimba ilmu dan membekali diri di kampus dapat berjalan dengan mulus. Materi orientasi meliputi sistem akademik, budaya, dan etika kehidupan perguruan tinggi, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, serta persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi.

Ketua Panitia PKKMB 2018 PNUP, Muhammad Iqbal, M. Sc. Ak., mengatakan bahwa PKKMB merupakan kegiatan penting yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru PNUP sebab selama sepekan sebelum memasuki perkuliahan mereka benar-benar akan dikenalkan dengan sistem pendidikan yang diterapkan di Politeknik yang berlaku secara nasional. PKKMB akan ditutup dengan pendidikan bela negara yang akan berlangsung selama tiga hari. Melalui pendidikan bela negara diharapkan para mahasiswa baru dapat lebih meningkatkan kedisiplinan, persatuan, dan kecintaan pada almamater dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu, usai mengikuti pendidikan bela Negara para mahasiswa baru PNUP menghilangkan segala bentuk rasa fanatisme golongan, jurusan, dan program studi.

Jadwal Kegiatan PKKMB 2018 PNUP

No

Nama Kegiatan

Waktu

Tempat

1

Sistem Pendidikan Tinggi (SPT)

27-28 Agustus

Kampus l PNUP

2

Pengenalan Kelembagaan

28-29 Agustus

Kampus l PNUP

3

Pembinaan Kerohanian

30 Agustus

Kampus l PNUP

4

Pendidikan Bela Negara

31 Agustus -

2 September

Rindam XIV Hasanuddin Pakkatto Gowa

 

 


@poltek_upg