English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Buka Kelas Internasional, PNUP Gandeng MSU Malaysia

26 Jul 2018 - 09:50 WITA · HUMAS · 747

Politeknik Negeri Ujung Pandang kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019 melalui jalur baru yaitu jalur kelas internasional program studi akuntansi. Untuk itu, PNUP menggandeng Management and Science University (MSU) Malaysia sebagai mitra kerja sama. Kolaborasi kedua perguruan tinggi itu sebagai pengembangan dari kesepakatan Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., dan Vice President of Global Affairs MSU, Prof. Dr. Eddy Yusuf pada 5 Juli lalu di kampus I PNUP.

 

 “Program kerja sama kelas internasional yang PNUP jalin dengan MSU Malaysia dalam rangka upaya pencapaian visi misi PNUP sebagai pendidikan tinggi vokasi yang mampu berdaya saing global di tahun 2025. Dipilihnya MSU Malaysia sebagai mitra kerja karena perguruan tinggi yang terletak di daerah Selangor itu sudah memiliki berbagai reputasi yang diakui secara internasional seperti A5 Star QS Rating, premier university status accreditation services for international College UK, dan lain-lain”, demikian dijelaskan Direktur PNUP. Ditambahkan lagi bahwa program kerja sama kelas internasional PNUP-MSU dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan akuntansi berdaya saing global sehingga mampu bersaing di level internasional.

 

Sementara itu menurut Pembantu Direktur IV PNUP, Tri Hartono, LRSC, M. Chem. Eng., yang menangani program kerja sama kelas internasional PNUP-MSU Malaysia, memberi penjelasan bahwa program itu berbentuk dual degree (gelar ganda) dan fast track (jalur cepat) dari tingkat sarjana (S1) ke tingkat master (S2) sehingga mahasiswanya memiliki masa belajar yang lebih pendek. Pada awal perkuliahan, mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa S1 dan dapat lanjut ke jenjang S2 dalam waktu 5 tahun dengan ijazah yang diakui secara internasional.

 

Selain mendapatkan gelar ganda dan percepatan dari jenjang S1 ke S2, kelas kerja sama internasional PNUP-MSU Malaysia menawarkan berbagai keunggulan yang menarik lainnya seperti orientasi mahasiswa baru yang dilakukan di MSU Malaysia dan kuliah kerja lapangan di instansi/perusahaan di Malaysia. Keunggulan lainnya adalah PNUP akan menghadirkan dosen tamu dari MSU Malaysia satu kali setiap semester dengan perkuliahan yang dilakukan secara bilingual (bahasa Indonesia dan bahasa Inggris).

 

TAHAPAN SELEKSI :

No.

Kegiatan

Waktu

1

Pendaftaran

23 Juli – 10 Agustus

2

Tes potensial akademik

13 Agustus

3

Tes bahasa Inggris (TOEFL prediction test)

14 Agustus

4

Tes wawancara

16 Agustus