English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Jalin Silaturahmi melalui Halalbihalal

21 Jun 2018 - 14:30 WITA · HUMAS · 352

Mengawali kegiatan setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar acara halal bihalal pada Kamis (21/6) bertempat di aula lantai 3 kampus I PNUP. Halal bihalal yang dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan keluarga besar PNUP mengangkat tema “Membina Ukhuwah Insaniyah untuk Kemajuan PNUP”. Kegiatan halalbihalal keluarga besar PNUP selalu dilaksanakan setiap tahun sebagai upaya mempererat tali silaturrahmi.

“Bagi umat Islam yang telah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh tentu sudah terbiasa disiplin dalam hal  menahan diri untuk tidak menurutkan hawa nafsu sehingga dalam tataran praktis seharusnya kebiasaan tersebut sangat mudah diaplikasikan ke dalam rutinitas kampus sehari-hari. Dampaknya akan membuat para dosen menjadi disiplin dan penuh tanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai pendidik, tenaga kependidikan menjadi disiplin dan terus meningkatkan kualitas pelayanannya, dan mahasiswa  menjadi semakin kuat keinginannya belajar dan terus berubah ke arah yang lebih baik”, demikian disampaikan Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S.,  saat memberi sambutan.

Di kesempatan yang sama, Hamzah Yusuf juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh keluarga besar PNUP yang telah memberikan dukungan dan bekerja sama membangun PNUP selama periode kepemimpinannya yang akan segera berakhir pada September mendatang.  Dirinya berharap semoga di bawah kepemimpinan Direktur PNUP yang baru nanti, segenap keluarga besar PNUP tetap dapat bersinergi untuk memajukan kampus PNUP guna mencerdaskan kehidupan bangsa.

Acara halal bihalal PNUP diisi dengan tauziyah dari Ustadz Prof. Dr. dr. H. Noer Bachry Noor, M.Sc., yang membahas pentingnya halalbihal dalam menjalin silaturahmi dan membina ukhuwah insaniyah sesama manusia. Dalam ceramahnya, Ustadz Noer Bachry Noor yang juga dikenal sebagai guru besar ilmu kesehatan masyarakat  menyampaikan bahwa halalbihalal memang merupakan istilah khas Indonesia yang tidak berdasarkan gramatikal tata bahasa Arab yang benar. Secara umum pengertian halal bihalal adalah acara silaturahmi yang dilaksanakan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan dengan kegiatan inti saling bermaaf-maafan. Islam adalah agama yang sangat mencintai persaudaraan sampai-sampai diungkapkan bahwa: ”barang siapa yang mempercayai Allah dan rasulnya, maka hendaknya menyambung tali silaturrahmi”. Inilah kekuatan Islam dalam membangun persaudaraan yang tidak hanya kepada sesama umat Islam tetapi juga kepada sesama manusia atau ukhuwah insaniyah. Persaudaraan harus dijalin kepada semua manusia secara universal tanpa membedakan agama, suku, dan aspek-aspek kekhususan lainnya.