English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Warnai Peringatan Hardiknas di PNUP

02 May 2018 - 11:42 WITA · HUMAS · 1,449

Segenap sivitas akademika Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melaksanakan upacara bendera pada Rabu (2/5)  bertempat di halaman kampus I PNUP dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2018. Tahun ini Hardiknas mengangkat tema “Membumikan Pendidikan Tinggi, Meninggikan Kualitas Sumber Daya Manusia”.

Melalui sambutan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. Mohamad Nasir, Ph.D., Ak., yang dibacakan oleh Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M. S., disebutkan pendidikan tinggi Indonesia harus bisa menjawab problem sosial yang dewasa ini terus bertambah banyak baik dalam jenis maupun substanisnya.  Upaya membumikan pendidikan tinggi selaras dengan asas pendidikan tinggi yang telah diatur dalam Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi terutama dalam asas manfaat. Pendidikan tinggi di Indonesia harus memberi kemanfaatan bagi lingkungan sekitarnya di samping asas-asas lainnya seperti kebenaran ilmiah, kejujuran, keadilan, kebajikan, tanggung jawab, kebhinekaan, dan keterjangkauan.

Di kesempatan yang sama, Direktur PNUP beserta seluruh unsur pimpinan dan pejabat lingkup PNUP membacakan secara bersama komitmen pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yang dilanjutkan dengan penandatanganan bersama. Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu bentuk tindak lanjut upaya agenda Reformasi Birokrasi Indonesia yang digalakkan di lingkup  Kemenristekdikti. Untuk itu, Direktur PNUP mengimbau kepada seluruh dosen dan tenaga kependidikan PNUP selalu konsisten menjalankan sasaran reformasi birokrasi yaitu birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, serta birokrasi yang memiliki pelayanan publik berkualitas.

Dalam rangka Hardiknas 2018, PNUP memberikan sejumlah penghargaan untuk kategori dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa teladan tahun ajaran 2017/2018, dosen berprestasi dalam bidang pengajaran, dan mahasiswa berprestasi ekstrakurikuler. Pemberian penghargaan tersebut yang rutin diadakan setiap tahun dilakukan dengan maksud untuk memberikan motivasi kepada dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa PNUP agar lebih giat lagi berkarya untuk memberikan yang terbaik guna peningkatan pendidikan tinggi vokasi.

Sebagai rangkaian peringatan Hardiknas 2018, PNUP juga menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Politeknik (Pimpol) 2018 yang melibatkan mahasiswa dari semua jurusan. Menurut Drs. Muslimin, M.T., M. Hum., selaku Pembantu Direktur III PNUP yang menangani bidang kemahasiswaan, Pimpol merupakan agenda kemahasiswaan yang selalu dilakukan setiap tahun untuk menumbuhkembangkan serta mengatualisasikan bakat olahraga dan seni serta potensi yang dimiliki oleh mahasiswa serta dapat memperat tali silaturrahmi antarmahasiswa lintas jurusan. Selain itu, menjadi media penyaluran bakat para mahasiswa untuk berprestasi serta sebagai alternatif pengisi waktu dengan kegiatan positif. Pimpol 2018 PNUP yang berlangsung selama seminggu mempertandingkan berbagai perlombaan mencakup olahraga, seni, dan English Olympic. Para pemenang dari berbagai perlombaan pada Pimpol 2018 ini akan dipersiapkan untuk mewakili PNUP pada pekan olahraga dan seni Politeknik se-Indonesia yang akan dilaksanakan tahun ini di Jakarta.

 

 

 

 


@poltek_upg