English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Datangkan Dosen Tamu dari Amerika, PNUP Bersiap Buka Kelas Internasional

15 Mar 2018 - 14:54 WITA · HUMAS · 551

Dalam rangka persiapan pembukaan kelas internasional, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar kuliah umum “International Education” di aula lantai 3 kampus I PNUP, Kamis (15/3). Kuliah umum yang menghadirkan dosen tamu dari Highline College Seattle USA, Dr. Abdessamad Chakour, MBA, dihadiri oleh unsur pimpinan, dosen, dan mahasiswa PNUP.

Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S.,dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini lulusan politeknik dituntut memiliki kompetensi yang sesuai dengan “learning outcome” yang ada di politeknik sebagai perguruan tinggi berbasis vokasi untuk bisa bersaing memenuhi kebutuhan dunia industri. Kompetensi yang dibutuhkan tersebut harus selalu diupgrade dan disesuaikan dengan permintaan pasar. Salah satunya adalah dengan kemampuan berbahasa sehingga dengan adanya wacana pembukaan kelas internasional di PNUP dapat memudahkan para mahasiswa PNUP yang berniat melanjutkan pendidikan ke luar negeri melalui jalur beasiswa yang ditawarkan pemerintah melalui Kemenristekdikti.

Di tempat yang sama, Andi Musdariah, S.S., M. Hum., salah satu dosen Bhs. Inggris  PNUP menyebutkan kehadiran Dr. Abdessamad Chakour, MBA di kampus PNUP sebagai bentuk realisasi dari Memorandum of Understanding (MOU) antara PNUP dengan Highline College USA. Selain memberikan kuliah umum, dosen yang berlatar belakang ekonom itu juga akan mengajar di beberapa kelas di PNUP selama dua minggu serta melakukan diskusi dengan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Rangkaian kegiatan ini diharapkan dapat mencerahkan segenap sivitas akdemika PNUP untuk lebih paham tentang wacana kelas internasional.

Dalam kuliah umumnya dihadapan sivitas akademika PNUP, Dr. Abdessamad Chakour, MBA berbagi pengalaman tentang sistem edukasi yang diterapkan di Amerika Serikat. Sama halnya di Indonesia, selain universitas Amerika Serikat juga mengenal sistem pendidikan vokasi atau Community College. Dengan durasi studi yang hanya dua atau tiga tahun, mahasiswa bisa menyelesaikannya dengan cepat dan sudah mendapatkan gelar yang dapat digunakan untuk berkarir sesuai bidang masing-masing. Selama dua minggu menjadi dosen tamu di PNUP, dirinya berharap bisa menjalankan simulasi layaknya kelas internasional dengan menggunakan bahasa Inggris baik dari segi pengajaran, pembelajaran ,diskusi, presentasi, dan tugas-tugas mahasiswa