English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Tingkatkan Manajemen Mutu, PNUP Lakukan Audit Internal

13 Mar 2018 - 10:53 WITA · 13 Mar 2018 - 10:59 WITA · HUMAS · 1,152

Segenap sivitas akademika Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berkomitmen untuk terus meningkatkan penerapan Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2015 sejak diterapkan setahun lalu. Komitmen itu dibuktikan dengan dilakukannya audit mutu internal  ke-20 terhadap 47 unit kerja yang akan berlangsung selama 10 hari kerja mulai 12 s.d.23 Maret sekaligus sebagai persiapan audit eksternal resertifikasi SMM ISO 9001:2015 serta penerbitan sertifikat tahap ke-4 oleh PT Sai Global Indonesia yang dijadwalkan Mei mendatang.

“Audit internal menjadi sangat penting dalam suatu organisasi seperti PNUP sebagai salah satu perguruan tinggi negeri karena dalam proses tersebut dapat dimonitor sejauh mana penerapan sistem manajemen mutu dan efektivitasnya yang dilakukan mengacu pada standar SMM ISO 9001: 2015”, demikian disampaikan Pembantu Direktur I PNUP, Ibrahim Abduh, M.T., saat membuka audit internal pada Senin (12/3) di Kampus I PNUP. Audit internal dilakukan untuk lebih mematangkan dan menyempurnakan manajemen yang terdapat pada semua unit kerja PNUP sebelum dilakukan audit eksternal oleh lembaga independen PT Sai Global Indonesia.

Sementara itu, Ir. Hastami Murdaningsih, M.T., selaku Kepala Unit Evaluasi Mutu Internal PNUP menambahkan bahwa tujuan audit mutu internal untuk memastikan apakah prosedur yang ditetapkan oleh institusi telah dijalankan dan apakah sistem yang diterapkan berlaku efektif sehingga hasilnya mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap penilaian akreditasi program studi dan institusi. Audit internal bukanlah kegiatan yang dilakukan untuk mencari-cari kesalahan setiap unit, tetapi lebih sebagai proses pencegahan untuk mengurangi segala hal yang berpotensi menjadi risiko di masa yang akan datang. dilakukan sejumlah evaluasi baik secara akademik maupun nonakademik yang terdiri dari kegiatan pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu yang harus dilakukan secara berkelanjutan.

Rangkaian audit internal PNUP dimulai dengan dengan opening meeting yang dihadiri sejumlah dosen dan tenaga kependidikan yang merupakan wakil jurusan, prodi, bagian dan unit yang akan diaudit. Setiap unit kerja akan diaudit sesuai jadwal dan auditor yang telah ditentukan selama dua minggi.  Pasca audit dan visitasi di setiap unit kerja akan dilakukan tindak lanjut hasil perbaikan jika terdapat hal-hal yang harus direvisi atau dilengkapi sesuai saran dari auditor. Hasil audit internal akan diumumkan dilaksanakan pada saat closing meeting 2 April.

Audit mutu internal itu sendiri merupakan audit penjaminan dan konsultasi yang independen dan obyektif secara internal dalam institusi penyelenggara pendidikan berdasarkan standar yang dimiliki institusi itu sendiri. Bagi sebuah perguruan tinggi seperti PNUP, bidang akademik memang menjadi core business. Namun, aspek nonakademik lainnya seperti organisasi, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pencapaian tujuan perguruan tinggi sehingga sistem mutu secara keseluruhan harus dievalusi secara berkala yang meliputi tanggung jawab, prosedur, proses, dan hasil.

 

 


@poltek_upg