English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Ikut Expo KMI 2017 di Pontianak

04 Dec 2017 - 06:04 WITA · INSTITUSI · 1,176

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ikut ambil bagian di acara Expo Kewirausahaan Indonesia (KMI) VIII 2017. Kegiatan nasional yang digelar selama 3 hari (22-24/11) bertempat di Politeknik Negeri Pontianak dengan jumlah peserta 97 Perguruan Tinggi ditambah dengan 6 Perguruan Tinggi nondelegasi.

"KMI VIII 2017 diharapkan dapat menjadi panggung untuk menampilkan kreativitas wirausaha mahasiswa Indonesia, serta menjadi forum bagi pengusaha muda perguruan tinggi untuk dapat membangun kerjasama dan jaringan dengan berbagai pengusaha lain di seluruh Indonesia", demikian disampaikan oleh Drs. Muslimin, M. T., M. Hum., selaku Pembantu Direktur III PNUP yang turut serta diacara itu. PNUP sendiri mengutus tiga unit kewirausahaan mahasiswa yang dianggap sukses dan mampu mandiri.

Hadir membuka acara expo tahun ini, Staf Ahli Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Hari Purwanto, menyampaikan bahwa pada tahun 2017 jumlah wirausaha di Indonesia tercatat sebanyak 3.1% jumlah penduduk. Angka tersebut menunjukkan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2014 tercatat jumlah wirausaha hanya sebanyak 1.5% jumlah penduduk.

Dalam sambutannya, Hari menegaskan bahwa Kementerian Ristekdikti mendorong wirausaha berbasis teknologi dan pendidikan, yang selama ini menjadi tugas dari Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) melalui program-program kewirausahaan yang puncaknya digelar dalam Expo Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia. Kegiatan utama Expo KMI VIII 2017 terdiri dari pameran dan bazaar produk kewirausahaan serta produk unggulan, talk show kewirausahaan, hingga acara Sarasehan Pengelola Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia.