English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

BAN-PT Visitasi Teknik Komputer dan Jaringan PNUP

29 Oct 2019 - 13:34 WITA · 29 Oct 2019 - 13:42 WITA · PUBLIC RELATION · 4,644

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mendapat kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka proses akreditasi program studi (prodi) S1 Terapan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Jurusan Teknik Elektro. BAN-PT yang diwakili oleh Dr. Ir. Sri Nurdiati, M.Sc. (Institut Pertanian Bogor) dan Ir. Irawa Thamrin, M.T. (Politeknik Negeri Bandung) melakukan visitasi ke PNUP dalam bentuk asesmen lapangan  selama 3 hari (27-29/10).  Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap yang harus dipenuhi untuk proses akreditasi sebuah prodi.

“Reakreditasi terhadap prodi yang telah habis masa berlakunya merupakan hal penting sebab menjadi tolak ukur dan evalusi bagi keberlangsungan berjalannya prodi itu sendiri. Asesmen lapangan menjadi salah satu tahap sangat penting sebab akan dilakukan sejumlah kegiatan seperti verifikasi, validasi, dan melengkapi data serta informasi yang disajikan dalam borang, serta melakukan penilaian lapangan di prodi yang  bersangkutan,” demikian dikatakan Prof. Ir. Muhammad Anshar, M. Si. Ph. D., selaku Direktur PNUP, saat menerima tim asesor. Untuk itu, ia berpesan kepada semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan prodi  S1 TKJ PNUP agar benar-benar maksimal memberikan pelayanan dan dukungan terkait asesmen lapangan.

Di kesempatan yang sama, Dharma Aryani, Ph.D., selaku Kepala Unit Akreditasi PNUP, menyampaikan bahwa selama pelaksanaan asesmen lapangan selama 3 hari, prodi harus  menyediakan semua data atau informasi pendukung borang beserta bukti lainnya untuk kepentingan asesmen lapangan serta memberikan penjelasan isi borang yang telah disampaikan kepada BAN-PT beserta informasi pelengkap yang dipandang perlu. Di samping itu, prodi juga harus memfasilitasi pertemuan asesor dengan dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan, dan mitrakerja yang dianggap perlu.