English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Peringati Hari Sumpah Pemuda ke-91

28 Oct 2019 - 11:51 WITA · 28 Oct 2019 - 12:40 WITA · PUBLIC RELATION · 3,325

Segenap sivitas akademika dan tenaga kependidikan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar upacara bendera dalam rangka peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Senin (28/10). Upacara dilangsungkan dengan khidmat bertempat di pelataran parkir kampus I PNUP.

Melalui pidato seragam Menteri Pemuda dan Olahraga yang dibacakan oleh Direktur PNUP, Prof. Muhammad Anshar, Ph. D., disebutkan bahwa pemuda dengan karakter yang tangguh adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja, pemuda yang beriman dan bertaqwa, berintegritas tinggi, jujur, santun, bertanggung jawab, disiplin, kerja keras, kerja cerdas, kerja iklas, dan tuntas. Pemuda juga harus memiliki kapasitas intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan, dan kepeloporan yang mumpuni, serta pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam kancah internasional.

Tahun ini tema peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.