English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Penerimaan Dosen Industri

03 Oct 2019 - 11:56 WITA · INSTITUTION · 5,574

Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, pada tahun 2019 melalui Politechnic Education Development Project (PEDP) menyelenggarakan program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Dosen dengan luaran tenaga pengajar yang berasal dari industri atau praktisi yang mendapat pengakuan kualifikasi jenjang 8 KKNI dan telah mendapat materi metodologi pembelajaran. Tenaga pengajar ini selanjutnya dapat berperan dalam matakuliah sesuai bidang kualifikasinya baik sebagai dosen tamu maupun pembimbing Praktek Kerja Lapangan (PKL) atau magang mahasiswa di industri.

Program RPL tipe B adalah program penerimaan dosen dari DUDI (Dunia Usaha/Dunia Industri) yang belum memiliki kualifikasi Magister (S2) tetapi memiliki kompetensi keahlian yang diperoleh baik melalui pelatihan atau pengalaman kerjanya selama ini (baik formal, informal maupun nonformal). Pada RPL tipe B, perguruan tinggi tidak mengeluarkan Ijazah. Institusi hanya mengusulkan calon dosennya untuk mendapatkan surat pengakuan kesetaraan kepada Menteri

Dosen dari industri ini tetap berafiliasi dengan industri tempat mereka bekerja dan diharapkan menjadi dosen pembimbing mahasiswa yang Praktet Kerja Lapangan (PKL), On the Job Training (OJT), Kerja praktek atau Magang Industri (PMMB) serta mengajar di kelas di kampus PNUP untuk beberapa topik bahasan tertentu yang sesuai keahlian dosen industri tersebut.

Dosen dari industri yang berminat dipersilahkan memasukkan nama dan pendidikan terakhir, serta protofolio (CV) terkait pelatihan atau pengalaman kerja yang dimiliki, selanjutnya dosen yang telah mendaftar akan di assesment oleh asessor RPL sehingga sertifikat dan pengalaman kerjanya sesuai level 8 KKNI dan selanjutnya akan diajukan ke kemenristekdikti untuk memperoleh sertifikat dan NIDK (nomor induk dosen khusus).

Bagi yang berminat mengikuti program dosen Industri ini, diharapkan mengisi formulir berikut disini