English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa Prodi TKJ PNUP Gelar KARCA 2019 di Malaysia

10 Sep 2019 - 10:27 WITA · HUMAS · 356

Program studi Teknik Komputer dan Jaringan (prodi TKJ) Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang difasilitasi oleh International Office PNUP mengadakan Knowledge Sharing and Community Gathering (KARCA) 2019 dengan melakukan kunjungan ke Universiti Kuala Lumpur British Malaysian Institute (UniKL-BMI) selama dua hari di akhir Agustus lalu, (29-30/8). Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan iptek dan inovasi, memperluas wawasan internasional mahasiswa, serta merintis peluang kerjasama internasional.

Pada kunjungan kali ini, dosen dan mahasiswa peserta KARCA 2019 PNUP turut didampingi oleh Kepala Unit International Office PNUP, Vilia Darma Paramita, Ph.D.  Selama melakukan kunjungan ke UniKL-BMI, mahasiswa prodi TKJ PNUP berkesempatan untuk mengadakan kunjungan laboratorium, mengikuti short course, serta melakukan perintisan MOU kerjasama dengan UniKL-BMI.

Menurut Eddy Tungadi, S.T., M.T., selaku dosen pengarah, kegiatan KARCA merupakan kegiatan yang agak unik sebab mahasiswa setiap angkatan boleh membuat target negara mana yang akan dikunjungi dua tahun sebelumnya. Namun,  pilihan itu memiliki konsekuensi tersendiri karena mereka harus bertanggung jawab melakukan pencarian atau penggalangan dana. Berbagai kegiatan mereka lakukan diantaranya seminar, workshop, bazaar dan berbisnis kecil-kecilan sehingga kegiatan KARCA ini secara tidak langsung dapat membangun jiwa entrpreneurship mahasiswa.

Sementara itu ketua prodi TKJ PNUP, Rini Nur, S.T., M.T., menyampaikan bahwa selama ini KARCA dilaksanakan masih dalam bentuk kunjungan akademik ke universitas-universitas luar negeri. Untuk itu dirinya berharap agar pelaksnaan KARCA kedepannya sudah memiliki koneksi ke pihak industri sehingga dapat juga dilakukan kunjungan dan workshop di industri internasional. Selain itu, sekiranya program tersebut dapat dikembangkan dalam lingkup yang lebih luas dan tidak terbatas pada prodi TKJ sehingga dapat diikuti oleh mahasiswa se-jurusan Teknik Elektro PNUP.

Program KARCA yang bermula sejak 2013 merupakan kunjungan industri dan akademik yang secara berkala dilakukan setiap tahun dilakukan oleh prodi TKJ PNUP. Tercatat ada beberapa negara yang menjadi tujuan program tersebut. KARCA pertama dilaksanakan di Malaysia dan Singapura dengan mengunjungi  Universiti Teknologi Malaysia, Polytechnic of Singapore, dan National University of Singapore. Berikutnya di 2014 dan 2015 KARCA kembali diadakan di Malaysia di Polytechnic Sultan Idris Shah (PSIS) yang sejalan dengan Program Pengantarbangsaan PSIS. Dua kali kunjungan tim mahasiswa dan dosen prodi TKJ PNUP ke PSIS ini kemudian mendapat kunjungan balasan dari tim dosen PSIS ke PNUP di 2015.

KARCA 2016 dilaksanakan di Tokyo Jepang dengan mengadakan kunjungan ke Tokyo University dan Tokyo Institute of Technology. Selanjutnya KARCA 2017 dilaksanakn di Korea Selatan dengan mengunjungi Gyeonggi Technology (GTEC) dan Seoul National University. Pada tahun 2018 kembali dilakuakn di Malaysia dengan melakukan kunjungan ke Management and Science University (MSU) dan Universiti Pendidikan Idris Shah (UPSI).


@poltek_upg