English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Maba PNUP Kenali Suasana Kampus Lewat PKKMB 2019

23 Aug 2019 - 11:06 WITA · PUBLIC RELATION · 4,603

Sebanyak 1.670 mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) tahun akademik 2019/2020 dikukuhkan melalui rapat senat terbuka luar biasa oleh Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M. Si., Ph. D., Kamis (22/8) bertempat Lapangan Merdeka Kampus I PNUP. Usai dikukuhkan, mahasiswa baru tersebut langsung mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) hingga 29 Agustus mendatang. PKKMB yang berlangsung selama delapan hari terdiri dari empat  rangkaian kegiatan yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru PNUP. Rangkaian kegiatan itu meliputi Sistem Perguruan Tinggi (SPT), pengenalan lembaga kemahasiswaan, pembinaan kerohanian, dan pendidikan bela negara.

Dalam pidatonya usai mengukuhkan para mahasiswa baru PNUP, Muhammad Anshar mengungkapkan bahwa pengenalan kehidupan kampus penting dilakukan bagi mahasiswa baru sebab mereka mengalami transisi dari siswa menjadi mahasiswa. Pengenalan kehidupan kampus dilakukan guna memperkenalkan bagaimana sistem pendidikan tinggi, cara belajar mandiri, dan suasana di kampus baru agar mereka segera menyesuaikan diri karena setiap perguruan tinggi memiliki ciri khas masing-masing yang harus diketahui oleh setiap mahasiswa begitu pula halnya di PNUP.

Ditambahkan lagi olehnya bahwa para mahasiswa baru merupakan calon-calon generasi emas Indonesia yang dituntut untuk menjadi SDM yang kompeten, mampu berfikir inovatif, optimum menguasai bidang ilmu, dan menerapkannya dalam dunia pekerjaan.  Apalagi saat ini, dunia global termasuk Indonesia tengah memasuki Revolusi Industri ke 4 (RI 4.0) yang tidak terelakkan lagi dan harus dihadapi oleh generasi muda Indonesia.

Dalam kegiatan PKKMB disajikan sejumlah materi dan simulasi yang relevan dalam memperkenalkan dunia kemahasiswaan guna membantu transformasi karakter siswa menjadi mahasiswa sehingga dapat menciptakan karakter mahasiswa di mana mereka harus memiliki sifat kritis, mandiri, dan ilmiah. Orientasi lingkungan kampus tetap diperlukan karena calon mahasiswa memasuki lingkungan baru yang berbeda dengan dunia sekolah sebelumnya. Tujuan orientasi adalah agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan baik sehingga dalam menimba ilmu dan membekali diri di kampus dapat berjalan dengan mulus. Materi orientasi meliputi sistem akademik, budaya, dan etika kehidupan perguruan tinggi, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, serta persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi.

Ketua Panitia PKKMB 2019 PNUP, Lidemar Halide, S.T., M.T., yang juga merupakan Pembantu Direktur 3 PNUP mengatakan bahwa PKKMB merupakan kegiatan penting yang wajib diikuti oleh setiap mahasiswa baru PNUP sebab selama sepekan sebelum memasuki perkuliahan mereka benar-benar akan dikenalkan dengan sistem pendidikan yang diterapkan di Politeknik yang berlaku secara nasional. PKKMB akan ditutup dengan pendidikan bela negara yang akan berlangsung selama dua hari. Melalui pendidikan bela negara diharapkan para mahasiswa baru dapat lebih meningkatkan kedisiplinan, persatuan, dan kecintaan pada almamater dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jadwal Kegiatan PKKMB 2019 PNUP

No

Nama Kegiatan

Waktu

Tempat

1

Sistem Pendidikan Tinggi (SPT)

22-23 Agustus

Kampus l PNUP

2

Pengenalan Kelembagaan

24-25 Agustus

GOR Unhas

3

Pembinaan Kerohanian

26-27 Agustus

Kampus l PNUP

4

Pendidikan Bela Negara

29-29 Agustus

Kampus I dan II PNUP