English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

88% Peserta Program Digital Talent Scholarship 2019 PNUP Lulus Kompetensi

31 Jul 2019 - 14:11 WITA · HUMAS · 488

Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) yang diselenggarakan di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ditutup secara resmi, Rabu (31/7) di kampus I PNUP setelah dilaksanakan selama satu bulan. Penutupan acara tersebut yang merupakan program dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dihadiri oleh direktur dan para unsur pimpinan PNUP beserta Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Penelitian Kominfo Makassar dan staf.

Dalam sambutannya saat menutup program DTS 2019, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph. D., selaku Direktur PNUP menyampaikan terima kasih kepada Kemenkominfo atas kepercayaan yang diberikan kepada PNUP karena terpilih sebagai salah satu dari 23 politeknik penyelenggara kegiatan DTS 2019. Sementara itu kepada peserta program DTS 2019, dirinya berpesan agar semua konsep ilmu pengetahuan dan pengalaman yang telah didapatkan selama pelatihan dapat menjadi jalan untuk membuka berbagai peluang baru di dunia usaha atau industri.

Senada dengan Ir. H. Ruslan Harun, M.M., Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Penelitian Kominfo Makassar, yang turut hadir pada penutupan program DTS 2019 menyampaikan bahwa program ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo sebagai salah satu upaya untuk mengimbangi jalannya revolusi industri 4.0., melalui ekosistem digital. Saat ini, Kemenkominfo telah bersinergi dengan beberapa pihak terkait dalam membangun ekosistem digital di Indonesia dimana para lulusan program DTS 2019 siap direkrut untuk dipekerjakan secara profesional karena telah melalui uji kompetensi dan sertifikasi yang berstandar Sertifikasi Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI).

Program DTS 2019 yang dilaksanakan di PNUP adalah akademi Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang merupakan program pelatihan bagi lulusan SMK yang terbagi dalam empat bidang yaitu junior network administrator, junior graphic designer, junior mobile programmer, dan junior intermediate animator. Dari 170 peserta aktif program DTS 2019 di PNUP yang mengikuti uji kompetensi, terdapat 150 peserta (88%) yang direkomendasikan kompeten dan 20 peserta (12%) yang direkomendasikan belum kompeten.

Rinciannya adalah untuk skema uji kompetensi junior network administrator yang diikuti sebanyak 82 peserta terdapat 79 peserta kompeten dan 3 orang belum kompeten. Skema uji kompetensi junior graphic designer yang diikuti sebanyak 20 peserta terdapat 15 peserta kompeten dan 5 peserta belum kompeten. Skema uji kompetensi junior mobile programmer diikuti 47 peserta yang dinyatakan kompeten 35 peserta dan belum kompeten 12 peserta. Skema uji kompetensi junior intermediate animator merupakan satu-satunya skema yang semua pesertanya sebanyak 21 orang dinyatakan kompeten.


@poltek_upg