English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

250 Peserta Ikut Program Digital Talent Scholarship 2019 di PNUP

01 Jul 2019 - 12:20 WITA · 01 Jul 2019 - 12:28 WITA · PUBLIC RELATION · 3,423

Keterampilan sumber daya manusia di bidang komunikasi dan informatika harus ditingkatkan untuk menunjang produktivitas dan daya saing bangsa menuju era industri digital. Untuk menghadapi tantangan tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyelenggarakan Program Digital Talent Scholarship Tahun 2019 (DTS 2019) yang disebar ke 23 politeknik negeri se-Indonesia termasuk Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP).

Sebagai salah satu politeknik yang ditunjuk Kemenkominfo untuk menyelenggarakan penyelenggara program DTS 2019, PNUP telah melakukan seleksi terhadap 359 siswa atau mahasiswa dengan latar belakang pendidikan vokasi yang berminat. Dari seleksi yang dilakukan, akhirnya diperoleh sebanyak 250 peserta dari berbagai daerah di Kawasan Indonesia Timur yang berhak mengikuti program DTS 2019 yang diadakan selama sebulan penuh (1-31/7) di kampus PNUP.

Program ini bertujuan untuk mempersiapkan tenaga kerja yang profesional melalui peningkatan kualitas dan kapabilitas yang sesuai dengan kompetensi masing-masing sehingga mampu meningkatkan daya saing lulusan pendidikan vokasi di tingkat menengah untuk siap bersaing secara global dalam pasar kerja,” demikian disampaikan Direktur PNUP, Prof. Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph. D.,  saat membuka kegiatan program DTS 2019, Senin (1/7) di kampus I PNUP. Di kesempatan tersebut, dirinya juga menyampaikan terima kasih kepad pihak Kemenkominfo yang telah memercayakan PNUP sebagai salah satu penyelenggara program DTS 2019. Untuk itu, dirinya mengimbau agar segenap sivitas akademika PNUP ikut menyukseskan acara tersebut.

Sementara itu menurut Ir. H. Ruslan Harun, M.M., Kepala Balai Besar Pengembangan SDM Penelitian Kominfo Makassar, yang turut hadir pada pembukaan program DTS 2019 menyampaikan bahwa program ini diselenggarakan oleh Kemenkominfo sebagai salah satu upaya untuk mengimbangi jalannya revolusi industri 4.0., serta sebagai salah satu usaha untuk memberikan keterampilan kepada siswa atau mahasiswa dari jalur vokasi yang belum mendapat kerja. Melalui program DTS 2019, peserta akan dibekali dengan sejumlah kompetensi dari para pengajar yang berpengalaman di bidang kelimuan masing-masing sehingga pada saat terjun ke dunia kerja mereka memiliki kualitas tersendiri.

Program DTS 2019 merupakan program pengembangan sumber daya manusia yang dilaksanakan Kemenkominfo sebagai bagian dari program pembangunan prioritas nasional. Program DTS 2019 dibagi menjadi empat akademi dan khusus untuk PNUP menyelenggarakan akademi Vocational School Graduate Academy (VSGA) yang merupakan program pelatihan bagi lulusan SMK. VSGA merupakan program pelatihan bidang TIK yang berfokus dalam peningkatan kompetensi bagi lulusan SMK yang belum bekerja. Program VSGA bertujuan untuk mencetak talenta/sumber daya manusia level teknisi dalam bidang digital, khususnya dalam bidang junior network administrator, junior graphic designer, junior mobile programmer, dan junior intermediate animator.

Penyelenggaraan program VSGA berlangsung selama 72 jam pelajaran yang meliputi kegiatan pelatihan tatap muka (offline), kelas pendamping atau add on, uji kompetensi dan sertifikasi. PNUP dalam program ini berperan menjadi penyedia sarana dan prasarana serta instruktur pelatihan sesuai skema pelatihan. Pada akhir pelatihan, peserta pelatihan akan disertifikasi kompetensi berbasis SKKNI oleh LSP.