English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Lakukan Penelusuran Alumni di Mayora Group

02 May 2019 - 15:51 WITA · HUMAS · 1,216

Jika biasanya mahasiswa yang dibawa untuk melakukan kunjungan industri, kali ini Unit Career Centre and Tracer Study Politeknik Negeri Ujung Pandang (CCTS-PNUP) justru membawa para ketua jurusan, ketua program studi, dan tenaga kependidikan PNUP berkunjung ke PT. Tirta Fresindo Jaya (PT TFJ) Mayora Group, Senin  (29/4). Tujuan dari kegiatan tersebut selain untuk menelusuri alumni (tracer) yang bekerja di salah satu perusahaan dari Mayora Group juga untuk memperkenalkan program studi yang ada di PNUP.

Kegiatan diawali dengan presentasi seputar PT. Mayora Group kemudian dilanjutkan pemaparan dari pihak PNUP. Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Yuliani, S.T., M. Eng., selaku Kepala Unit CCTS-PNUP, disebutkan bahwa unit yang dipimpinnya senantiasa melakukan penelusuran alumni ke sejumlah perusahaan yang menjadi mitra PNUP guna mengetahui keadaan, posisi dan seberapa jauh para alumni PNUP mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan mereka. Selain itu juga untuk melihat kecakapan mereka ketika sudah berada di dunia industri yang sebenarnya. Ditambahkan lagi olehnya bahwa unit CCTS-PNUP selama ini mempunyai posisi sebagai jembatan yang menghubungkan antara pihak industri dan alumni sehingga harus memiliki pengetahuan tentang keselarasan pendidikan kampus dengan posisi kerja alumni di dunia industri.

Pada saat melakukan penelusuran alumni di PT TFJ, unit CCTS PNUP menemukan dua alumni PNUP yaitu Irman Puluhulawa dan Firman Arif yang keduanya merupakan alumni teknik mesin mewakili PT. Mayora Cabang Sulwesi dalam ajang Gugus Kendali Mutu (GKM) Nasional dan berhasil meraih juara pertama. Di PT TFK, keduanya bergabung dalam tim Unit Head Production Packing yang menciptakan protype sebagai bagian pengembangan dari program PT. TFJ. Menariknya lagi adalah bahwa keduanya pada saat kuliah di PNUP merupakan mahasiswa yang dibiayai dari program bidik misi.

Menurut Indrawati selaku HRD Training & Development bahwa alumni PNUP yang tersebar di Mayora Group memiliki etos kerja luar biasa dan kreatif dalam mengeluarkan berbagai ide untuk pengembangan peusahaan.  Indrawati menambahkan kerjasama antara Mayora Group Cabang Sulawesi dan Unit CCTS PNUP terjalin sangat erat dan sesuai dengan kebutuhan industri. Saat ini alumni PNUP di PT TFJ mengisi berbagi posisi di unit head production packing/ maintenance, analis fisika & quality control departemen, quality control/incoming RM, dan analis mikrobiologi. Alumni PNUP yang bekerja di PT TFJ Mayora Group merasa sangat terdapat  kesesuaian antara pekerjaan dengan bidang ilmu ketika mereka menempuh pendidikan di PNUP.


@poltek_upg