English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Hadapi Revolusi Industri 4.0, PNUP dan Inixindo Gelar Workshop dan Kuliah Umum

12 Apr 2019 - 13:03 WITA · 12 Apr 2019 - 13:43 WITA · HUMAS · 553

Dosen dan mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) berkesempatan mendapat ilmu dan pengalaman menarik melalui rangkaian acara workshop dan kuliah umum selama dua hari, Kamis-Jumat (11-12/4) bersama Inixindo Makassar. Pada hari pertama, sejumlah dosen dan mahasiswa dari program studi Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Jurusan Teknik Elektro PNUP mengikuti Workshop Big Data Science yang diadakan di Continent Centerpont Panakukang Makassar. Kemudian di hari kedua di gelar kuliah umum yang mengusung tema “Bagaimana IOT dan Machine Learning Mentrigger Revolusi Industri 4.0” yang dilakukan di auditorium jurusan elektro kampus II PNUP.

Menurut ketua jurusan teknik elektro PNUP, Dr. Ir. Hafsah Nirwana, M.T., workshop tersebut diadakan karena melihat fenomena dimana perkembangan teknologi informasi dewasa ini secara perlahan membawa para penggunanya menuju pada era big data dimana ukuran tempat penyimpanan data sangat bervariasi. Apalagi saat dimana era revolusi industri 4.0 sedang bergulir, ukuran exabyte hingga petabyte mulai mendominasi. Sementara tujuan dari kuliah umum itu sendiri adalah untuk memberikan pemahaman dan pencerahan kepada dosen dan mahasiswa PNUP tentang bagaimana peranan machine learning di berbagi bidang untuk mendukung revolusi industri 4.0

Workshop dan kuliah umum menghadirkan pemateri Ifik Arifin selaku founder Inixindo. Pada saat workshop di hadapan dosen dan mahasiswa TKJ PNUP, Ifik Arifin berbagi ilmu tentang bagaimana langkah membersihkan dan menganalisa dataset yang besar untuk membuat keputusan berdasarkan data (data-driven decision). Di samping itu diulas juga pola komunikasi secara efektif denga stakeholder tentang tendensi dari data (story telling). Usai menyimak pemaparan founder Inixindo, para peserta bersama-sama belajar melalui sejumlah semulasi yang diberikan. Peserta workshop diajar bagaimana menggunakan anaconda untuk instalasi data science tools, mengoleksi data menjadi big data, hingga cara melakukan coding untuk visualisasi data menggunakan phyron dan library python.

Sementara pada saat kuliah umum, Ifik Arifin menjelaskan bahwa era revolsi industri 4.0 memberikan banyak peluang bagi pekerja yang berkecimpung di dunia data science dan machine learning. Data science merupakan keahlian dalam mempelajari bagaimana data yang terstrukur maupun tidak terstruktur dapat digunakan melalui teknik analisa data sebagai pertimbangan untuk mengambil keputusan. Sedangkan machine learning merupakan proses komputasi untuk belajar dari data melalui analisa data science. Data yang berasal dari data science selanjutnya dimodelkan dengan pendekatan algoritma tertentu berdasarkan kebutuhan dalam pemanfaatan machine learning yang hasil akhirnya berupa prediksi dan rekomendasi.