English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa TKJ PNUP Gelar Seminar Nasional Internet Aman dan Sehat

02 Mar 2019 - 14:52 WITA · 04 Mar 2019 - 08:49 WITA · PUBLIC RELATION · 4,893

Mahasiswa Program Studi D4 Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) menggelar Seminar Nasional Internet Aman dan Sehat (SEINS), Sabtu (2/3) di Baruga Anging Mammiri rumah jabatan Walikota Makassar. Acara yang dibuka langsung oleh Direktur PNUP,Ir. Muhammad Anshar, M.Si., Ph.D.,dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai universitas baik negeri dan swasta yang ada di kota makassar beserta masyarakat umum dari berbagai kalangan.

Menurut salah seorang dosen TKJ PNUP,  Fajri Raharjo, M. T., tujuan diadakannya SEINS ini adalah untuk mengajak para penikmat dan penggiat internet agar lebih memahami keamanan data-data yang disebarkan melalui internet. Selain itu juga untuk mengedukasi bagaimana berinteraksi di internet dengan sehat.

Seminar tersebut menghadirkan dua pemateri yaitu  Donny B.U.,  yang merupakan pendiri sekaligus sebagai Digital Literacy Officer dari ICT Watch (Internet Sehat) Indonesia dan Zulkarnain Masyhur yang merupakan Chief Security Officer dari Software Developer WASD Labs.

Dalam pemaparannya, Donny B. U., yang juga merupakan staff ahli bidang Literasi Digital dan Tata Kelola Internet Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia menjelaskan bahwa saat ini berdasarkan survei penetrasi dan perilaku pengguna internet di Indonesia yang telah dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) diketahui bahwa pengguna internet pada tahun 2017 telah mencapai 143,26 juta jiwa atau setara dengan 54,68% dari total jumlah penduduk di Indonesia (2018).

Dengan jumlah yang sebanyak itu, diperlukan adanya edukasi yang tepat kepada para pengguna internet mengenai bagaimana cara menggunakan internet dengan baik dan sehat tanpa menimbulkan banyak dampak negatif.