English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Mahasiswa PNUP Hadiri Undangan HNMUN 2019 di Amerika Serikat

11 Feb 2019 - 14:18 WITA · PUBLIC RELATION · 4,276

Dua mahasiswa Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP),  Nurafifah Mursalim dan Nur Ilmi Amaliah Anshar, hari ini Senin (11/2) bertolak ke Amerika Serikat untuk menghadiri undangan Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2019 di Harvard University.  Mereka akan mengikuti serangkaian acara yang akan digelar selama empat hari (14-17/2). Salah satunya adalah melakukan presentasi project.

Project yang akan dipresentasikan adalah hasil karya dari UP Studio binaan Lidemar Halide, M.T. selaku Direktur III PNUP.  Project tersebut berupa trailer film animasi Syekh Yusuf yang diberi judul “An Inspiring Warrior  From Makassar To Cape Town”. Menurut Lidemar, proses pembuatan trailer film tersebut seharusnya dikerjakan dalam jangka waktu empat hulan, namun oleh tim UP Studio bisa menyelesaikan hanya dalam jangka waktu kurang lebih 20 hari produksi.

Sementara itu menurut Nurafifah, pada saat di Harvard Universiy nanti dirinya akan menjelaskan kepada semua delegasi bahwa tujuan mengangkat film animasi Syekh Yusuf adalah untuk memperkenalkan ke dunia Internasional bahwa Syekh Yusuf adalah pahlawan dari Sulawesi Selatan yang dikenal di berbagai belahan dunia.

HNMUN adalah konferensi simulasi model sidang PBB untuk mahasiswa yang telah dilakukan sejak tahun 1955.  Dikelola sepenuhnya oleh mahasiswa Harvard College, HNMUN memfasilitasi lebih dari 3.000 mahasiswa dari perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia untuk mensimulasikan kegiatan PBB. Setiap tahun, HNMUN diselenggarakan di Boston Park Plaza, Massachusets, USA oleh Harvard International Relations Council (HIRC) bekerja sama dengan United Nations.

HNMUN tidak hanya menjadi ajang simulasi debat dan sidang PBB, tetapi juga sebagai bahan pelatihan kemampuan dan pengetahuan tentang parlemen muda dan sistem sidang internasional yang belum banyak mahasiswa mengetahuinya. Selain itu, HNMUN menawarkan kesempatan unik untuk merasakan tantangan negosiasi internasional dan diplomasi.