English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Tuan Rumah Program AYIA 2018

12 Mar 2018 - 14:58 WITA · PUBLIC RELATION · 5,514

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali dipercaya untuk menggelar acara yang bertaraf internasional dengan terpilih sebagai tuan rumah program ASEAN Youth in Action (AYIA) 2018. Program yang diorganisir oleh Singapore Polytechnic (SP) dan Republic of Korea (ROK) merupakan kolaborasi Singapore Polytechnic dengan beberapa partner institusi perguruan tinggi dari 10 negara ASEAN dan ROK. Seluruh rangkaian kegiatan AYIA 2018 akan dilaksanakan selama 4 minggu yang terbagi menjadi 2 minggu di negara ASEAN pelaksana dan 2 minggu di Singapura.  Untuk di Indonesia sebagai negara ASEAN pelaksana, PNUP terpilih sebagai tuan rumah program AYIA 2018 selama 2 minggu (11-24/3) yang pelaksanaannya akan dilakukan di Makassar dan Malino.

Saat membuka acara program AYIA 2018 di Kampus I PNUP Senin (12/3), Pembantu Direktur IV PNUP, Tri Hartono, LRSC, M. Chem. Eng., yang menangani bidang kerja sama dan hubungan industri mengungkapkan bahwa PNUP selalu ikut berpartisipasi dalam setiap kegiatan atau program yang diadakan oleh SP. Dirinya juga menyampaikan apresiasi yang besar atas kepercayaan yang diberikan kepada PNUP sebagai tuan rumah. Ditambahkan juga bahwa melalui program AYIA ini dapat dibangun  karakter mahasiswa secara langsung karena memadukan sisi akademik dan sisi humanis karena akan ada satu sesi di mana semua peserta AYIA 2018 berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal dengan suasana pedesaan di Malino yang tentu saja menjadi pengalaman luar biasa.

Di kesempatan yang sama,  Sitti Sahriana, S.S.,M. App.Ling., selaku kepala International Office PNUP menambahkan bahwa program AYIA 2018 bertujuan agar semua partisipan mampu berinteraksi dan belajar dari sesama peserta AYIA 2018, mampu memahami dan menghargai perbedaan budaya, dan mampu mempromosikan tanggung jawab sosial dengan cara berkontribusi ke komunitas lokal. Program ini melibatkan mahasiswa dari sebelas negara yaitu sepuluh negara ASEAN dan Korea Selatan. Terdapat lima perguruan tinggi yang akan bertindak sebagai tuan rumah kegiatan ini yaitu  Ho Chi Minh City College of Economics (Vietnam),  Rajamangala University of Technology Thanyaburi (Thailand), Bulacan State University (Filipina),  Politeknik Negeri Ujung Pandang (Indonesia), dan Singapore Polytecninc (Singapura).

Program AYIA 2018 yang diselenggarakan oleh Singapore Polytechnic dan didukung pembiayaan dari ASEAN-ROK Future Oriented Cooperated Fund akan berlangsung selama 2 minggu di Indonesia. Peserta AYIA 2018 Indonesia terdiri atas 28 mahasiswa yang berasal Singapura (2 partisipan), Korea (3 partisipan), Thailand (2 partisipan), Malaysia (3 partisipan), Brunei Darussalam (2 partisipan), Laos (2 partisipan), Kamboja (3 partisipan), Myanmar (3 partisipan), Vietnam (2 partisipan), Philipina (3 partsipan), dan Indonesia (3 partsipan).

Selain melibatkan mahasiswa sebagai peserta, program AYIA 2018 juga melibatkan 4 dosen PNUP yang bertindak sebagai fasilitator. Selain aktifitas di Makassar, semua peserta dan fasilitator AYIA 2018 juga akan melakukan kegiatan community service di Kelurahan Pattapang,  Kecamatan Tinggimoncong, Malino, Kabupaten Gowa.