English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

BAN-PT Visitasi Prodi Teknologi Kimia Industri PNUP

13 Feb 2018 - 14:16 WITA · 13 Feb 2018 - 14:24 WITA · HUMAS · 1,988

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang diwakili oleh Dr. Siswo Sumardiono, S.T., M.T., dari Universitas Diponegoro dan Ir. Dwina Moentamaria, M.T., dari Politeknik Negeri Malang memvisitasi Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) selama tiga hari (12-14/2). Visitasi dilakukan dalam rangka reakreditasi program studi (prodi) S1 teknologi kimia industri .

Akreditasi merupakan salah satu indikator kualitas suatu perguruan tinggi baik baik negeri maupun swasta serta juga sebagai indikator dari sebuah prodi di setiap jurusan. Prodi yang masa berlaku akreditasinya telah habis harus melakukan akreditasi ulang atau reakreditasi karena  hal ini menjadi tolak ukur dan evalusi bagi keberlangsungan berjalannya prodi itu sendiri di samping sebagai barometer sejauh mana sebuah prodi terus membenahi diri untuk memperbaiki kualitas pembelajaran,” demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., selaku Direktur PNUP, saat menerima tim asesor sebelum dilakukan penilaian portofolio dan borang prodi teknologi kimia industri.

Ditambahkan oleh Ibrahim Abduh sebagai Pembantu Direktur I PNUP yang membawahi bidang akademik bahwa reakrediasi prodi teknologi kimia industri merupakan reakreditasi yang pertama dilakukan PNUP di tahun 2018 dan masih terdapat 10 prodi lainnya yang harus direakreditasi hingga akhir tahun 2018 ini. Semua prodi yang menjalani reakeditasi harus  menyediakan semua data atau informasi pendukung borang dan bukti lainnya untuk kepentingan asesmen lapangan serta memberikan penjelasan isi borang yang telah disampaikan kepada BAN-PT beserta informasi pelengkap yang dipandang perlu. Sebelumnya, prodi teknologi kimia industri PNUP hanya memperoleh akreditasi nilai C. Untuk itu, dirinya berharap agar tahun ini prodi tersebut dapat naik kelas dan bisa meraih minimal akreditasi nilai B.

Prodi teknologi kimia industri PNUP bertujuan menghasilkan ahli teknik  kimia yang profesional di bidang teknologi kimia industri yang mencakup semua aspek yang terlibat di dalam proses industri kimia baik aspek rekayasa, ekonomi maupun sosial.  Aspek rekayasa yang menjadi porsi utama dalam teknik kimia meliputi analisa dan sintesa proses, perancangan,  dan operasi alat proses serta pengendalian proses dan alat proses. Kompetensi utama yang dimiliki oleh setiap lulusan prodi ini adalah mampu melakukan analisis sistem termal pada peralatan proses industri, mampu mengaplikasikan siklus-siklus energi ke dalam bentuk proses yang terintegrasi, dan mampu melakukan audit sistem energi.

 


@poltek_upg