English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Tujuh Dosen PNUP Ikut Program CDIO 2018

22 Jan 2018 - 15:19 WITA · 30 Jan 2018 - 11:28 WITA · PUBLIC RELATION · 8,890

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali bekerja sama dengan Singapore Polytechnic dengan mengirim tujuh dosen dalam program 5-Day CDIO (Conceiving-Designing-Implementing-Operating) 2018. Kegiatan ini dikemas dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan selama 5 hari (20-24/1) bertempat di Malino, Kabupaten Gowa.

Menurut Kepala Unit International Office PNUP, Sitti Sahriana, S.S., MAppLing., kegiatan CDIO 2018 yang mengusung tema ‘Implementing Workshop On Appropriate Technology With Local Communities’ bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat, meningkatkan kapasitas pembangunan masyarakat, dan sebagai kegiatan lanjutan program Learning Express yang telah dilaksanakan pada tahun 2016. Dari kegiatan ini diharapkan para peserta yang berasal dari kalangan dosen mampu memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat setempat terkait potensi-potensi yang dimiliki yang berkelanjutan untuk dapat dikembangkan. Peserta CDIO 2018 berasal dari kolaborasi perguruan tinggi seperti PNUP, Unismuh Makassar, STIE Muhammadiyah Mamuju, dan Singapore Polytechnic sebagai sponsor kegiatan.

Program CDIO 2018 merupakan program pengabdian masyarakat yang melibatkan dosen dengan berbagai latar disiplin ilmu yang berbeda. Sebelum berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal setempat, peserta CDIO 2018 terlebih dahulu mendapat pemaparan tentang konsep dan tujuan CDIO 2018 dari trainer yang dikirim oleh pihak Singapore Polytechnic yaitu  Mr. Wee Eng Soon dan Ms.Ng Aik Min. Para peserta CDIO 2018 bersosialisasi langsung dengan para penduduk setempat dengan cara bertemu dan melakukan wawancara sebagai data awal terkait dengan komoditas yang dapat dikembangkan secara potensial. Mereka mencari tahu kendala apa saja yang ditemui serta kira-kira solusi seperti apa yang dapat diterapkan.

Berbeda dengan kegiatan-kegiatan sebelumnya antara Singapore Polytechnic dan Politeknik PNUP yang selalu melibatkan mahasiswa maka pada kegiatan ini pesertanya adalah para dosen. PNUP mengirimkan tujuh dosen yaitu Andi Abdul Azis Ishak, S.E.,M.Com.Ak (Akuntansi), Dr. Nur Alam La Nafie, S.E., M.B.A. (Administrasi Niaga), Irmawati, S.Pd.,M.Pd. (Akuntansi), Naely Muchtar, S.Pd., M.Pd. (Teknik Elektro), Sirmayanti, ST., M.Eng.St., Ph.D. (Teknik Elektro), Vilia Darma Paramita, STP., M.Food.Sc (Teknik Kimia) dan Dharma Aryani, ST., MT., Ph.D. (Teknik Elektro).