English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Kembangkan Wirausaha Mandiri Berbasis Iptek

08 Nov 2017 - 11:01 WITA · 05 Dec 2017 - 21:33 WITA · INSTITUTION · 5,779

Program kewirausahaan bagi mahasiswa merupakan  program yang telah dimasukkan dalam kurikulum pembelajaran nasional dan menjadi mata kuliah.  Sebagai mata kuliah, kewirausahaan di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) diajarkan di setiap program studi untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan mahasiswa. Pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pengalaman berwirausaha. Selain sebagai mata kuliah, program kewirausahaan di PNUP juga dibuatkan wadah dalam bentuk unit kewirausahaan yang melaksanakan Program Pengembangan Kewirausahaan (PPK) 2017 berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

“PPK merupakan program kegiatan pembimbingan dan pendampingan usaha sekaligus monitoring hasil dan evaluasi usaha yang dilakukan secara berkelanjutan yang didanai Kemenristekdikti tahun 2017 dan diharapkan berlanjut selama tiga tahun pembiayaan hingga 2019”, demikian disampaikan Nurhayati, S Si., M.T., selaku dosen pengajar kewirausahaan sekaligus ketua PPK PNUP. Ditambahkan lagi olehnya bahwa melalui PPK diharapkan lahir budaya kewirausahaan di perguruan tinggi dan menumbuhkan motivasi berwirausaha bagi mahasiswa yang berminat menjadi wirausaha baru sehingga pola pikir sebagai lulusan pencari kerja berubah menjadi pencipta kerja.

Sosialisasi PPK sendiri telah diikuti sebanyak 52 peserta. Setelah melalui seleksi administrasi dan presentasi proposal bisnis singkat akhirnya ditetapkan sebanyak 25 peserta yang lolos mengikuti diklat kewirausahaan.  Dalam diklat tersebut peserta harus mengerjakan business plan yang telah ditentukan sebagai syarat untuk memilih 20 peserta terbaik yang berhak mengikuti tingkat akhir program berupa penandatanganan kontrak kerja bantuan dana inisiasi usaha, bimbingan start-up usaha, dan akan tampil dalam acara Entrepreneur Day dan Expo Usaha yang diadakan 1-3 Desember 2017 mendatang. Selain itu, guna mengasah kemampuan lapangan peserta PKK PNUP melakukan magang kewirausahaan di beberapa tempat usaha kecil yang tersebar di Makkassar.

Kewirausahaan di kalangan mahasiswa giat digencarkan sebagai salah satu usaha menekan angka pengangguran dengan memberi bekal kewirausahaan kepada mahasiswa sekaligus sebagai motivasi agar mahasiswa tidak ragu untuk mengembangkan kewirausahaan sehingga pada nantinya mampu menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global. Sejak dini harus ditanamkan sugesti di dalam diri setiap mahasiswa bahwa begitu lulus kuliah mereka harus mampu menciptakan lapangan pekerjaan bukan mencari lapangan pekerjaan. Dengan menciptakan lapangan pekerjaan, berarti akan terserap lagi sejumlah tenaga kerja lainnya sehingga secara tidak langsung dapat memotong mata rantai pengangguran secara perlahan-lahan.