English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Jalin Kerja Sama dengan PT Bukaka Teknik Utama

20 Mar 2017 - 15:53 WITA · INSTITUTION · 5,566

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan kerjasama untuk rekruitmen dan beberapa bidang lainnya dengan menggandeng PT Bukaka Teknik Utama, perusahaan yang bergerak di bidang rancang bangun rekayasa, konstruksi dan manufaktur, energi, transportasi, dan telekomunikasi,  sebagai mitra kerja. Jalinan kerjasama oleh kedua belah pihak tersebut dituangkan dalam sebuah nota kesepahaman yang acara penandatanganannnya dilakukan langsung oleh Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S. , Direktur PNUP dan Anton Fatoni, S. IP., M.M.,  selaku Manager CSR PT Bukaka Teknik Utama pada Senin (20/3) bertempat di Aula Lantai 3 Gedung Politeknik Negeri Ujung Pandang.

 “Kerja sama yang dibangun antara PNUP dengan PT Bukaka Teknik Utama diharapkan mampu menciptakan suatu metode rekrutmen alumni dan mahasiswa semester akhir PNUP yang akan dijaring untuk mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai kompetensi yang telah distandarkan oleh PT Bukaka Teknik Utama”, ujar Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S. Ditambahkan lagi bahwa melalui kerja sama, PNUP dapat mengetahui kebeutuhan seperti apa yang diperlukan oleh pihak industri sehingga kurikulum yang dikembangkan oleh pihak kampus dapat disesuikan dengan kebutuhan pangsa pasar dan dunia kerja yang berkembang.

Dalam nota kesepahaman disebut tertuang sejumlah bentuk kerjasama seperti penukaran informasi bidang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), pelaksanaan magang bagi tenaga pendidik dan peserta didik, pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi, serta pelatihan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu pihak PNUP juga secara berkala akan menginformasikan lulusan terbaik dari seluruh jurusan di setiap periode tahun kelulusan.

PT Bukaka Teknik Utama yang berdiri sejak 1978 merupakan perusahaan dengan ruang lingkup yang bergerak bergerak di bidang pembuatan dan penyediaan peralatan khusus dan bisnis lain yang termasuk di dalam industri konstruksi. Saat ini, PT Bukaka Teknik utama memiliki 10 unit usaha yang memproduksi garbarata,  jembatan  rangka  baja,  menara  listrik  komunikasi  dan  segala  pekerjaan  yang  berhubungan  dengan   power  plant, termasuk yang menyangkut kegiatan produksi minyak dan gas bumi yang produknya telah digunakan dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia bahkan diekspor ke luar negeri.

Menurut Anton Fatoni, S. IP., M.M., Manager CSR PT Bukaka Teknik Utama, dengan melihat varian usaha yang dilakoni PT Bukaka Teknik Utama tentunya dibutuhkan jumlah karyawan yang tidak sedikit setiap tahunnya serta harus memenuhi berbagai syarat standar kompetensi perusahaan yang meliputi sikap mental, pendidikan, pelatihan, keterampilan, dan pengalaman. Untuk itulah, pihaknya melirik alumni dari perguruan tinggi yang berbasis vokasi seprti PNUP untuk direkrut sebagai karyawan karena dianggap lebih menguasai praktek sebab semua program studi yang diterapkan di perguruan tinggi vokasi diarahkan secara relevan sesuai kebutuhan industri.