English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Maba PNUP IKut Pelatihan Bela Negara di Pakatto

22 Aug 2016 - 13:44 WITA · INSTITUSI · 724

Sebanyak 1.096 mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) tahun akademik 2016/2017 mengikuti pelatihan bela negara dan kedisiplinan yang merupakan salah satu dari empat rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) yang wajib diikuti. Peatihan bela negara dan kedisiplinan yang dilaksanakan selama 3 hari pada 21 – 23 Agustus bertempat di Markas Rindam VII/Wirabuana Pakatto Gowa dibuka langsung oleh Wakil Direktur III PNUP, Drs. Muslimin, M.T., M. Hum., yang dihadiri oleh segenap pejabat PNUP beserta Komandan Rindam VII/ Wirabuana dan jajarannya.

Dalam sambutannya, Wakil Direktur III PNUP, mengemukakan bahwa melalui pelatihan bela negara dan kedisiplinan, pimpinan PNUP berharap agar mahasiswa baru dapat meningkatkan kedisiplinan, persatuan, dan rasa cinta terhadap almamater dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, sekembali di kampus nanti, mahasiswa baru harus menumbuhkan semangat kedisiplinan dan persatuan bukan menghidupkan fanatisme golongan, jurusan, ataupun program studi tertentu. Selain itu melalui pelatihan bela negara dan kedisiplinan diharapkan juga agar mahasiswa baru PNUP menjadi manusia yang berahklak dan berwatak baik, bermoral dan beretika baik, serta bertutur dan berperilaku baik pula.

Di kesempatan yang sama, Kolonel Infanteri Rafael Granada Baay yang baru menjabat sebagai Komandan Rindam VII/Wirabuana mengungkapkan bahwa pelatihan bela negara dan kedisiplinan sangat penting diikuti oleh setiap generasi muda Indonesia seperti para mahasiswa baru PNUP guna memberi pemahaman arti penting kesadran berbangsa, bernegara, cinta tanah air, cinta lingkungan, dan bermasyarakat. Terkait dengan kesadaran berbangsa dan bernegara, terdapat 4 pilar yang harus diketahui dan dipertahanakan oelh setiap pemuda-pemudi Indonesia yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang-Undang Dasar 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Markas Rindam VII/Wirabuana yang terletak di Pakatto Gowa bukan tempat asing lagi bagi PNUP sebab tempat tersebut sebelumnya telah menjadi markas pendidikan bela negara dan kedisiplinan bagi 3 generasi angkatan yang ada di PNUP yaitu angkatan 1987, 1988, dan 1989. Ketiga angkatan tersebut pernah dididik bela negara dan kedisiplinan selama sebulan sehingga untuk mengenang kembali dipilihlah Markas Rindam VI/Wirabuana sebagai tempat pelatihan bela negara dan kedisiplinan mahasiswa baru PNUP tahun ini.


@poltek_upg