English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Dosen PNUP ke Amerika Ikut Pelatihan Kewirausahaan

26 Jul 2016 - 10:14 WITA · INSTITUSI · 655

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mendapat kehormatan  dengan mengikutkan dua dosen pada pelatihan Entrepreneurship Training Program yang diselenggarakan oleh United States Agency for International Development (USAID) Scholarship melalui Program to Extend Scholarship and Training to Achieve Sustainable Impacts (PRESTASI) yang diadakan di kota Washington dan Iowa Amerika Serikat. Dosen PNUP yang terpilih mengikuti pelatihan kewirausahaan tersebut adalah Tri Hartono, M. Chem. Eng yang juga menjabat sebagai Wakil Direktur IV PNUP yang menangani bidang kerja sama serta Nurhayati, S.Si., M.T., yang merupakan salah seorang dosen pembina mata kuliah kewirausahaan. Keduanya telah berangkat ke Amerika Serikat sejak 23 Juli lalu dan akan mengikuti pelatihan hingga 12 Agustus.

Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., juga telah memberikan persetujuan kepada kedua dosen PNUP yang berangkat ke Amerika Serikat atas pembiayaan penuh dari USAID Scholarship PRESTASI. Hamzah Yusuf berharap agar setelah mengikuti pelatihan kewirausahaan selama 3 minggu di Washington dan Iowa keduanya dapat berbagi ilmu dan pengalaman dengan dosen dan mahasiswa PNUP tentang bagaimana sistem wirausaha yang berkembang di Amerika Serikat. Di PNUP, kewirausahaan memang menjadi salah satu mata kuliah dasar umum yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa.

USAID Scholarship PRESTASI merupakan program beasiswa yang didanai oleh USAID dan ditawarkan kepada warga negara Indonesia yang memiliki kriteria dan kualifikasi tertentu untuk menempuh pendidikan atau pelatihan singkat di Amerika Serikat. Salah satu program beasiswa yang diberikan oleh USAID adalah Entrepreneurship Training Program yang telah dimulai sejak 2012 yang dikategorikan sebagai short term training. Entrepreneurship Training Program oleh USAID ditawarkan ke beberapa perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Untuk 2016, terpilih 22 orang yang telah lolos seleksi termasuk dua dari PNUP untuk diberangkatkan ke Amerika Serikat dan mengikuti serangkaian pelatihan kewirausahaan.

Guna meningkatkan kapasitas, keterampilan, dan pengetahuan selama 3 minggu di Amerika Serikat, peserta Entrepreneurship Training Program akan mengikuti berbagai kegiatan pelatihan seperti workshop, role play, dan lain sebagainya di Muscatine Community College Iowa dan Higline Community College Washington.  Secara umum, Entrepereneurship Training Program bertujuan memberikan pengetahuan dan mempersipakan peserta agar mampu mengembangkan pelatihan dan kurikulum kewirausahaan yang bersifat inovatif sesuai kebutuhan dan konteks mahasiswa didik di institusi masing-masing.

Program kewirausahaan untuk mahasiswa di PNUP selama ini dijalankan dengan sistem pemberian modal pinjaman kepada mahasiswa secara berkelompok yang dipilih setelah mereka mempresentasikan jenis dan program kewirausahaan yang akan dikembangkan. Mahasiswa yang mendapat pinjaman modal kewirausahaan diberi kesempatan selama setahun untuk mengembalikan modal yang telah dipinjamkan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan keyakinan kepada mahasiswa agar jangan ragu untuk mengembangkan kewirausahaan sehingga pada nantinya mampu menjadi pengusaha yang tangguh dan sukses menghadapi persaingan global sebab kewirausahaan menjadi salah satu kunci kemajuan yang mampu mengurangi jumlah pengangguran dan menciptakan lapangan kerja.


@poltek_upg