English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Lakukan Pembimbingan Menuju Akreditasi A

19 Jul 2016 - 14:13 WITA · INSTITUSI · 729

Setelah berhasil meraih akreditasi institusi B dari Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melalui SK Nomor : 1283/SK/BAN-PT/AKRED/PT/XII/2015 Tanggal 29 Desember 2015, tidak lantas membuat Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terbuai akibat pencapaian tersebut karena masih ada tingkatan akreditasi lagi yang  lebih bergengsi yang masih harus dikejar dan menjadi impian semua perguruan tinggi. Berdasarkan hal itulah, PNUP mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi Menuju Akreditasi A pada selasa, 19 Juli 2016 bertempat di kampus PNUP.

Acara yang diisi dengan agenda utama berupa pembimbingan lapangan peningkatan aktreditasi institusi perguruan tinggi dihadiri oleh Direktur PNUP, para pembantu direktur, ketua jurusan, ketua program studi, dan beserta unsur terkait lainnya.  Bimbingan teknis diisi oleh tim pemateri dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Kemenristek Dikti yang terdiri dari Prof. Dr. Ir. Mursalim, Dr. Indrianty, M. Si., Dr. Badri M. Sukoco, Dwi Warni Untiawati, dan Vera Khoirunissa. Secara umum, tim tersebut membawakan materi seputar beberapa standar yang harus dipenuhi oleh perguruan tinggi negeri menuju akreditasi A diantaranya visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian.  

Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S. dalam sambutannya saat menerima tim dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Pendidikan Tinggi menjelaskan bahwa peningkatan akreditasi institusi dari B ke A telah dijadikan sebagai komitmen bersama segenap sivitas akademika PNUP sebagai upaya salah satu bentuk pertanggungjawaban sosial secara akademik kepada masyarakat. Selain itu bila akreditasi institusi PNUP meningkat tentunya berdampak pada eksistensi PNUP untuk jangka panjang karena memberikan jaminan bahwa PNUP sebagai perguruan tinggi vokasi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu sesuai ketetapan yang berlaku sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar. Direktur PNUP meminta kepada semua unsur pimpinan di PNUP agar data-data pendukung yang diperlukan terkait dengan peningkatan akreditasi diserahkan untuk dapat dikoreksi.

Di kesempatan yang sama pada saat sesi diskusi, Prof. Dr. Ir. Mursalim menyampaikan bahwa dirinya bersama tim berkunjung ke PNUP bukan dalam kapasitas sebagai tim penilai sebab yang berhak untuk menilai adalah tim asesor Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Menurut guru besar pertanian dari Universitas Hasanuddin itu, kehadirannya semata-mata hanya melakukan pembimbingan dengan memberikan saran dan masukan tentang apa saja yang perlu diupgrade sehingga borang akreditasi yang akan dibuat selanjutnya berpotensi untuk peningkatan akreditasi. PNUP merupakan satu-satunya Politeknik Negeri di luar Pulau Jawa yang mendapat kesempatan untuk dikunjungi tim dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Pendidikan Tinggi, Kemenristek Dikti guna mendapat pembimbingan sebab PNUP dinilai memiliki komitmen dan mampu untuk melakukan peningkatan akreditasi dari B menuju A.


@poltek_upg