English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

6 Mahasiswa PNUP Ikut Program TF-SCALE 2016 di Singapura

12 Jul 2016 - 11:05 WITA · INSTITUSI · 825

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) ikut berpartisipasi dengan mengirim enam mahasiswa dalam program Temasek Foundation-Specialist Community Action & Leadership Exchange (TF-SCALE) 2016 yang diadakan di Singapura. Keenam mahasiswa PNUP beserta seorang dosen pendamping bertolak ke Singapura pada Minggu, 10 Juli 2016 usai dilepas oleh Direktur PNUP, Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S.. didampingi Pembantu Direktur IV PNUP, Tri Hartono, LRSC, M. Chem. Eng., di kampus PNUP.

Saat  melepas tim PNUP yang akan mengikuti TF-SCALE 2016, Direktur PNUP berpesan agar selalu menjaga nama baik PNUP dan bangsa Indonesia sebab mereka berangkat atas nama institusi dan negara. Ditambahkan juga agar para mahasiswa yang berhasil lulus mengikuti program TF-SCALE 2016 benar-benar memanfaatkan secara maksimal setiap kegiatan yang dijalani selama di Singapura agar nantinya dapat menjadi bekal tambahan serta pengalaman berharga begitu kembali ke Indonesia karena tidak semua mahasiswa PNUP memiliki kesempatan emas ikut dalam program tersebut.

TF-SCALE adalah sebuah program pertukaran mahasiswa selama lima minggu yang diadakan dan dibiayai oleh Temasek Foundation, lembaga non-profit Singapura yang bergerak di bidang pendidikan dan berperan dalam kerjasama lintas komunitas di Asia. Program ini bertujuan untuk mendorong pembelajaran lintas budaya di kalangan mahasiswa pada ekonomi regional dan masalah masyarakat. Para peserta TF-SCALE akan diberikan kesempatan untuk menerapkan keterampilan praktis, teknologi,  dan penelitian dalam mengembangkan proyek inovasi sosial.

Program yang diikuti sekitar 300 mahasiswa yang terdiri dari 150 mahasiswa Singapura dan 150 dari Indonesia, Filipina, Thailand, Kamboja dan Vietnam akan berlangsung selama tiga minggu di Singapura mulai 10 sampai 30 Juli 2016. Sisanya yang dua minggu akan diadakan di lima negara peserta dimana akan bergantian mahasiswa Singapura yang akan disebar ke lima negara tersebut.  Selama tiga minggu di Singapura, mahasiswa PNUP bersama peserta lainnya akan terlibat dalam berbagai program akademik yang berhubungan dengan pendidikan kejuruan dan berpartisipasi dalam rangkaian lokakarya di mana mereka akan bekerja dalam tim untuk menerapkan keahlian teknis dan pengetahuan untuk mengembangkan proyek inovasi sosial dengan mahasiswa dari Singapura.

Mahasiswa PNUP yang berhasil ikut dalam program TF-SCALE 2016 harus melalui beberapa tahapan seleksi ketat yang telah dilakukan 3 bulan sebelumnya. Berbagai syarat harus mereka penuhi seperti nilai Indeks Prestasi (IP) minimal 3,5 dan memiliki proyek sederhana yang harus dipresentasikan dalam bahasa Inggris. Setelah melalui seleksi, terpilihlah enam mahasiswa yang berhak ikut program TF-SCALE 2016 yaitu : Randi Aditya (Teknik Sipil), Leonita Dwi Mediany (Akuntansi), Asriadi Awaluddin (Teknik Kimia), Yusi Angra (Adminstrasi Bisnis), L. P. Satriani (Teknik Elektro), dan Ainun A. Baztari (Teknik Mesin).

 


@poltek_upg