English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

KMTS-PNUP Gelar Estimasi 2016

21 Apr 2016 - 09:38 WITA · INSTITUSI · 499

Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil Politeknik Negeri Ujung Pandang (KMTS-PNUP) akan menggelar Essential Competition Development and Design (Estimasi) 2016 pada Sabtu, 23 April 2016 bertempat di gedung aula lantai 3 kampus PNUP. Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari seminar nasional dan lomba ketekniksipilan yang semuanya berlangsung di hari yang sama.

“Penggunaan material bahan bangunan yang tepat dan efisien sangat berperan besar dalam menghasilkan bangunan berkualitas dan bersahabat dengan lingkungan. Namun, seiring dengan isu seputar pemanasan global dewasa ini menyebabkan material berbahan alami yang mudah diperbaharui semakin terbatas. Berangkat dari pemikiran itulah sehingga acara Estimasi 2016 diadakan guna mencari solusi material pengganti sebagai alternatif lain dari material berbahan alami yang sanggup meminimalkan terjadinya kontaminasi lingkungan,“ demikian disampaikan oleh Dr. Eng. Adiwijaya, S.S.T., M.T., selaku ketua Jurusan Teknik Sipil PNUP.

Ditambahkan lagi Rizaldi Ma’ruf selaku ketua pelaksana bahwa kegiatan Estimasi 2016 mengusung tema” Inovasi Bahan Konstruksi Ramah Lingkungan”. Tema tersebut sengaja dipilih untuk mengedukasi masyarakat agar terbiasa menerapkan konsep hijau yang tidak hanya sekadar memerhatikan komposisi luas lahan untuk penghijauan saja, tetapi juga memerhatikan material yang digunakan pada sebuah hunian. Pemakaian material yang sulit diperbaharui secara perlahan mulai ditinggalkan dan diganti dengan material yang lebih ramah lingkungan sehingga masyarakat tidak akan heran jika di pasaran akan ditemui material bahan bangunan yang sudah mendekati ke konsep hijau.

Dari pelaksanaan Estimasi 2016 yang terdiri dari seminar nasional dan lomba ketekniksipilan diharapkan mampu melahirkan gagasan inovasi baru tentang teknologi proses produksi yang dapat dikembangkan agar industri bahan baku material tetap mampu menghasilkan bahan bangunan yang berkualitas sekaligus ramah lingkungan. Seminar nasional akan diikuti dari unsur instansi pemerintah/swasta, perguruan tinggi, pakar, mahasiswa, dan masyarakat umum sedangkan untuk lomba ketekniksipilan akan diikuti oleh pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-SulSelBar yang memperlombakan Auto CAD dengan tema”Rumah Tinggal Minimalis Modern”.


@poltek_upg