English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Reakreditasi Prodi Akuntansi Manajerial PNUP

11 Apr 2016 - 11:08 WITA · INSTITUSI · 1,162

Program Studi (prodi) S1 Terapan Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang resmi dibuka sejak  27 Oktober 2005 berdasarkan SK Dirjen Dikti Depdiknas No. 3760/D/T/2005 merupakan salah satu prodi favorit dengan jumlah peminat yang banyak. Dalam rangka pertanggungjawaban sistem mutu eksternal terhadap proses belajar mengajar dan output yang dihasilkan Prodi S1 Terapan Akuntansi Manajerial PNUP, selama dua hari 11-12 April 2016 dilakukan reakreditasi yang telah habis masa berlakunya. Tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang melakukan visitasi ke PNUP adalah Drs. Dul Muid, M. Si., Akt., dan Tjetjep Djuwarsa, S. E., M. Ec.

Saat menerima tim asesor, Pembantu Direktur I PNUP, Ibrahim Abduh, S.S.T., M.T., menjelaskan bahwa melalui reakreditasi dapat dilihat sejauh mana sebuah prodi terus membenahi diri dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Hal tersebut penting sebab dapat menjadi bahan evaluasi yang selanjutnya dijadikan tolak ukur apakah terjadi peningkatan mutu atau tidak yang tentunya berdampak pada nilai akreditasi yang akan diberikan oleh tim asesor yang melakukan visitasi melalui serangkaian asesmen lapangan.

Ditambahkan lagi bahwa melalui reakreditasi dapat memberikan jaminan kepada masyarakat luas yang terdiri dari berbagai elemen bahwa program studi yang  telah diakreditasi mampu memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT yang sesuai dengan ketentuan akreditasi bagi perguruan tinggi dan program studi sebagaimana tercantum dalam Undang-undang No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Nilai akreditasi yang dikeluarkan BAN-PT dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu.

Fokus evaluasi dan penilaian selama dua hari yang dilakukan oleh tim asesor terletak pada standar dan elemen penilaian/parameter berupa evaluasi-diri dan borang prodi dengan mengacu pada beberapa poin standar penilaian seperti mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, dan lain-lain.

Di era pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti saat ini, lulusan pendidikan vokasi seperti PNUP harus memiliki kompetensi yang dapat mendongkrak nilai jual untuk mampu bersaing di tengah persaingan bursa kerja. Sejumlah kompetensi umum yang dihasilkan alumni prodi S1 Terapan Akuntansi Manajerial PNUP adalah lulusan mampu menangani laporan keuangan perusahaan, mengambil keputusan tentang keuangan perusahaan, mengaudit dan merancang sistem akuntansi perusahaan, menangani perpajakan perusahaan, dan menangani kegiatan keuangan yang bersifat manajerial baik untuk sektor private maupun publik.

 


@poltek_upg