English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Lakukan Audit Mutu Internal

05 Apr 2016 - 14:29 WITA · INSTITUSI · 740

Dalam rangka persiapan Audit External Surveilance 1 ISO 9001:2008 serta penerbitan sertifikat tahap ke-3 oleh PT Sai Global Indonesia, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) melakukan audit mutu internal  terhadap 63 unit kerja yang akan berlangsung selama 9 hari kerja mulai 5 s.d. 15 April mendatang. Audit internal tersebut merupakan audit pertama dari tiga rangkaian audit yang dilakukan PNUP setiap tahun. Setelah itu akan diadakan audit eksternal dan yang terakhir adalah audit mutu akademik internal.

“Audit internal sangat penting bagi sebuah perguruan tinggi karena dalam proses tersebut dilakukan sejumlah evaluasi baik secara akademik maupun nonakademik yang terdiri dari kegiatan pengendalian, penjaminan dan penetapan mutu yang harus dilakukan dengan baik terhadap program studi maupun terhadap institusi pendidikan secara berkelanjutan. Sebelum dilakukan audit eksternal oleh lembaga independen PT Sai Global Indonesia, audit internal dilakukan untuk lebih mematangkan dan menyempurnakan manajemen yang terdapat pada semua unit kerja PNUP”, demikian dijelaskan oleh Pembantu Direktur I PNUP, Ibrahim Abduh, S.S.T., M.T., saat membuka acara.

Di kesempatan yang sama, Ir. Muh. Taufan, M.T., selaku Kepala Unit Evaluasi Mutu Internal menambahkan bahwa saat ini PNUP telah 2 kali meraih sertifikat ISO 9001:2008 dari PT SAI Global Indonesia dimana masa berlaku setiap sertifikat selama 3 tahun. Selain mempertahankan budaya mutu yang telah diakui, PNUP masih terus berupaya untuk berhasil memperoleh sertifikat tahap ke-3 dan selanjutnya akan berupaya lagi untuk dapat memperoleh sertifikat ISO 9001:2015. Tujuan audit mutu internal untuk memastikan apakah prosedur yang ditetapkan oleh institusi telah dijalankan dan apakah sistem yang diterapkan berlaku efektif sehingga hasilnya mempunyai pengaruh yang sangat signifikan terhadap penilaian akreditasi program studi dan institusi.

Audit mutu internal itu sendiri merupakan audit penjaminan dan konsultasi yang independen dan obyektif secara internal dalam institusi penyelenggara pendidikan berdasarkan standar yang dimiliki institusi itu sendiri. Bagi sebuah perguruan tinggi seperti PNUP, bidang akademik memang menjadi core business. Namun, aspek nonakademik lainnya seperti organisasi, keuangan, sumber daya manusia, dan lain-lain memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pencapaian tujuan perguruan tinggi sehingga sistem mutu secara keseluruhan harus dievalusi secara berkala yang meliputi tanggung jawab, prosedur, proses, dan hasil.


@poltek_upg