English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Reakreditasi 4 Prodi

19 Mar 2016 - 11:02 WITA · INSTITUSI · 646

Politeknik Negeri Ujung Pandang melakukan proses reakreditasi terhadap 4 program studi (prodi) yang telah habis masa berlakunya. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pertanggungjawaban bentuk sistem jaminan mutu eksternal yang digunakan lembaga yang berwenang dalam hal ini Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk  memberikan pengakuan formal bahwa PNUP mempunyai kemampuan untuk melakukan kegiatan pendidikan vokasi. Proses reakreditasi dilakukan pada 19 – 24 Maret untuk prodi D3 Teknik Konstruksi Gedung, D3 Teknik Telekomunikasi, D3 Teknik Kimia, dan S1 Terapan Administrasi Bisnis.

 “Reakreditasi terhadap 4 prodi yang telah habis masa berlakunya merupakan hal penting sebab menjadi tolak ukur dan evalusi bagi keberlangsungan berjalannya prodi itu sendiri. Dari proses reakreditasi yang dilakukan akan terlihat apakah prodi tersebut telah memberikan mutu layanan atau kinerja yang mencerminkan proses, keluaran, hasil, dan dampak yang sesuai dengan tolak ukur BAN-PT sebagai indikator bisa atau tidaknya untuk naik peringkat,” demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., selaku Direktur PNUP, saat menerima tim asesor sebelum dilakukan penilaian portofolio dan borang keempat prodi yang akan direakreditasi. Direktur PNUP juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam proses reakreditasi.

Di kesempatan yang sama, Pembantu Direktur I PNUP, Ibrahim Abduh, S.S.T., M.T., menambahkan bahwa proses rekareditasi yang berlangsung selama 6 hari tersebut diharapkan mampu mendorong prodi untuk terus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Mutu menjadi hal yang sangat diperhitungkan karena sangat berpengaruh pada “harga” ijazah lulusan saat digunakan untuk mencari kerja atau akan melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Hasil akreditasi juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usulan bantuan atau alokasi dana serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.

Akreditasi sendiri merupakan pengakuan yang dilakukan oleh badan mandiri di luar perguruan tinggi terhadap mutu dan kelayakan perguruan tinggi atau program studi dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkan. BAN PT selaku badan yang melakukan penilaian dan telah mendapat pengakuan dari pemerintah memberikan nilai akreditasi berdasarkan proses dan kinerja serta keterkaitan anatara tujuan, masukan, proses, dan keluaran perguruan tinggi atau program studi. Ketentuan akreditasi bagi perguruan tinggi dan program studi juga telah dicantumkan melalui Undang-undang No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Tim asesor yang melakukan visitasi ke PNUP adalah :

1. Prodi D3 Teknik Konstruksi Gedung

  • Prof. Dr. Ir. Sobriyah, M.S. (Koordinator)
  • Ir. IGB Sila Dharma, M.T. Ph. D. (Anggota)

 

2. Prodi SI Terapan Administarsi Bisnis

  • Dr. Dra. Naili Farida, M. Si (Koordinator)
  • Dr. Drs. M. Syahirman Yusi, M. Si (Anggota)

3. Prodi D3 Teknik Telekomunikasi

  • Prof. Dr. Yanuarsyah Haroen (Koordinator)
  • R. Wahyu Tri Hartono, DUTech., S.S.T., M.T. (Anggota)

4. Prodi d3 Teknik Kimia

  • Dr. Ir. Danu Ariono (Koordinator)
  • Ir. Fahrurozi M., M. Sc., Ph. D. (Anggota)

 


@poltek_upg