English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Tuan Rumah SNAV 2016

17 Mar 2016 - 09:19 WITA · INSTITUSI · 734

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terpilih sebagai tuan rumah penyelenggara Simposium Nasional Akuntansi Vokasi (SNAV) ke-5 yang akan dilaksanakan pada 12-14 Mei mendatang. Serangkaian jadwal kegiatan penting yang mendukung acara tersebut telah dilaksanakan meskipun acaranya masih 2 bulan lagi berlangsung. Kegiatan yang untuk pertama kalinya diselenggarakan pada tahun 2012 di Semarang telah menjadi agenda tahunan yang rutin diadakan oleh perguruan tinggi vokasi yang menyelenggarakan pendidikan akuntansi.

“SNAV telah dijadikan sebagai agenda rutin yang membahas hasil-hasil penelitian bidang akuntansi guna meningkatkan pertukaran informasi dan kemampuan para praktisi, peneliti, pendidik, dan mahasiswa dalam melakukan penelitian di bidang akuntansi. SNAV yang selama ini diselenggarakan telah menjadi ajang bagi para peneliti baik dari akademisi maupun praktisi untuk meningkatkan kualitas penelitian guna pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang akuntansi”, demikian dijelaskan oleh A. Gunawan, S. E., M. Com. Ak., selaku ketua panitia yang juga merupakan Pembantu Direktur II PNUP. Ditambahkan lagi olehnya bahwa pada acara tersebut nantinya akan ditampilkan sejumlah paper terkait tema yang telah ditentukan. Paper yang telah lolos seleksi akan dipilih lagi satu paper sebagai excellent paper.

SNAV ke-5 yang akan diikuti oleh seluruh perguruan tinggi vokasi se-Indonesia mengangkat tema “Kesiapan Pendidikan Akuntansi Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”.  Pemilihan tema ini didasarkan pada kenyataan bahwa setelah MEA efektif diberlakukan pada awal 2016 maka kawasan Asean akan menjadi kawasan ekonomi yang sangat kompetitif dan terintegrasi ke dalam ekonomi global yang berpengaruh terhadap perekonomian Indonesia baik secara nasional maupun daerah.

Sektor yang menjadi unggulan Indonesia dalam menghadapi MEA adalah sumber daya alam, informasi teknologi, dan ekonomi kreatif dimana salah satu sektor jasa dari 5 sektor jasa yang telah disepakati dalam Mutually Recognition Agreement (MRA) adalah jasa akuntansi. Jasa akuntansi diberikan oleh profesi akuntan yang dianggap sebagai salah satu profesi pendukung kegiatan dunia usaha dalam era globalisasi. Pendidikan akuntansi memandang MEA sebagai peluang yang terbuka untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia yang ada dengan meningkatkan daya saing secara global.

 


@poltek_upg