English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP - SP Kerja Sama Program Learning Express

10 Mar 2016 - 12:51 WITA · INSTITUSI · 736

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dan Singapore Polytechnic (SP) dikenal sebagai dua institusi pendidikan tinggi berbasis vokasi yang telah lama menjalin kerja sama. Jika tahun-tahun sebelumnya PNUP dan SP bekerja sama dalam bentuk program pertukaran latihan industri, kali ini keduanya  kembali sepakat melakukan kerja sama bekerja sama dalam bentuk program Learning Express (LeX). Hal tersebut ditandai dengan kunjungan tim SP ke kampus PNUP pada Kamis, 10 Maret 2016 untuk membicarakan program LeX yang baru akan pertama kali dilakukan.

Program LeX merupakan program pengabdian masyarakat yang akan melibatkan mahasiswa dan dosen dari PNUP dan SP. Pada pelaksanaan program tersebut, mahasiswa SP bersama mahasiswa PNUP akan melaksanakan suatu kegiatan yang berdasarkan community issues yang sedang berkembang di masyarakat. Untuk menentukan kegiatan apa yang akan dilaksanakan, program LeX diawali dengan survei ke lokasi yang telah ditentukan oleh kedua institusi dimana pada lokasi tersebut berkembang semacam community issues yang memerlukan pemecahan masalah. Mahasiswa dan dosen pendamping akan berbaur dengan masyarakat setempat selama program berjalan. Program LeX terdiri dari tiga kegiatan utama yaitu observation, village homestay, dan brainstorming of the solution.

Dalam sambutan saat menerima rombongan SP, Tri Hartono, LRSC, M. Chem. Eng., selaku Pembantu Direktur IV yang membawahi bidang kerja sama dan hubungan industri,  mengungkapkan kebanggaannya karena pihak SP masih memberi kepercayaan kepada PNUP sebagai institusi pendidikan tinggi yang dijadikan partner kerja sama. Hal ini tentunya dapat menjadi tolak ukur yang positif bahwa PNUP diperhitungkan oleh perguruan tinggi dari luar negeri. Ditambahkan lagi olehnya bahwa yang membedakan program LeX dengan program kerja sama PNUP dengan SP sebelumnya adalah bahwa pada program kali ini mahasiswa benar-benar diberi kesempatan untuk mengambil keputusan terkait permasalahan masyarakat yang mereka temui di lapangan. Di kesempatan yang sama, Mr. Siow Cheh Wee selaku perwakilan dari SP, menyampaikan bahwa pihaknya sangat senang dengan apresiasi yang diberikan oleh PNUP guna berkolaborasi melaksanakan program LeX.

Untuk kegiatan perdana rencananya akan dilaksanakan pada September 2016 selama 1 bulan bertempat di wilayah Makassar dan sekitarnya. Mahasiswa yang boleh ikut dalam program LeX adalah mahasiswa yang lulus seleksi dan akan dipilih sekitar 20-25 mahasiswa dari berbagai program studi yang berbeda. Selanjutnya akan dipilih lagi sebanyak 4-5 mahasiwa untuk berpartisipasi pada program LeX yang akan dilaksanakan di Singapura. Selain mahasiswa yang akan memperoleh pengalaman berharga, para dosen pendamping yang ikut berpartisipasi dalam program LeX juga akan memproleh pengalaman berharga berupa kesempatan untuk dikutsertakan dalam training Design Thinking and Facilitation guna pengembangan program LeX lebih lanjut.


@poltek_upg