English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Raih Akreditasi Institusi B

02 Feb 2016 - 14:46 WITA · INSTITUSI · 941

Akreditasi bagi perguruan tinggi negeri maupun swasta telah menjadi hal fundamental yang tidak boleh diremehkan. Ibarat nyawa pada diri seorang manusia, begitu pula halnya dengan akreditasi yang memegang peranan besar dalam mengantarkan eksitensi sebuah perguruan tinggi. Menyadari hal tersebut, Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) dari tahun ke tahun senantiasa memperbaharui diri dalam segala aspek yang menjadi dasar penilaian akreditasi. Akhirnya melalui SK Nomor : 1283/SK/BAN-PT/AKRED/PT/XII/2015 Tanggal 29 Desember 2015, PNUP berhasil meraih akreditasi institusi B dari Badan Akreditasi  Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

“Nilai B untuk akreditasi institusi bagi PNUP merupakan pencapaian yang diperoleh dari hasil kerja keras berbagai pihak seperti  tenaga pendidik, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni PNUP yang melibatkan berbagai unsur kriteria penilaian yang telah ditetapkan oleh BAN-PT. Melalui akreditasi tersebut diharapkan mampu memberikan dampak yang lebih positif bagi pengembangan PNUP sebagai pendidikan tinggi yang berbasis vokasi atau keahlian terapan yang mampu menghasilkan lulusan yang berdaya saing di tengah gempuran tenaga kerja asing akibat diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”, demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., selaku Direktur PNUP.

Akreditasi sendiri merupakan pengakuan yang dilakukan oleh badan mandiri di luar perguruan tinggi terhadap mutu dan kelayakan perguruan tinggi atau program studi dalam melaksanakan program pendidikan dan mutu lulusan yang dihasilkan. BAN PT selaku badan yang melakukan penilaian dan telah mendapat pengakuan dari pemerintah memberikan nilai akreditasi berdasarkan proses dan kinerja serta keterkaitan anatara tujuan, masukan, proses, dan keluaran perguruan tinggi atau program studi. Ketentuan akreditasi bagi perguruan tinggi dan program studi juga telah dicantumkan melalui Undang-undang No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Ditambahkan lagi oleh Direktur PNUP bahwa akreditasi institusi B memberikan banyak manfaat bagi eksistensi PNUP untuk jangka panjang karena memberikan jaminan bahwa PNUP sebagai perguruan tinggi vokasi yang terakreditasi telah memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT sehingga mampu memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan program studi yang tidak memenuhi standar. Pengakuan akreditasi ini juga diharapkan mampu menjadi motivas bagi PNUP untuk terus-menerus melakukan perbaikan dan mempertahankan mutu yang tinggi. Hasil akreditasi juga dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam usulan bantuan atau alokasi dana serta mendapat pengakuan dari badan atau instansi yang berkepentingan.


@poltek_upg