English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Wisuda 779 Alumni Siap Kerja

29 Nov 2014 - 12:04 WITA · INSTITUSI · 1,452

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali mencetak lulusan baru yang siap kerja melalui wisuda XXVIII tahun akademik 2014/2015. Sebanyak 779 alumni dari 18 program studi D1, D3, dan S1 diwisuda pada Sabtu, 29 November 2014 bertempat di Baruga A. P. Pettarani Unhas. Wisuda yang berlangsung meriah tersebut dihadiri oleh sejumlah dewan penyantun, mitra kerja perusahaan, seluruh anggota senat, tenaga pengajar, dan tenaga pendidik PNUP, orang tua wisudawan, serta para tamu undangan.

“PNUP memegang tanggung jawab moral sebagai institusi pendidikan yang berperan membantu upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, membantu memotong mata rantai kemiskinan nasional dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan menyediakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri serta mampu menciptakan wirausahawan yang  mampu menjawab tantangan sekaligus peluang yang semakin kompleks”, demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S.., selaku Direktur PNUP saat menyampaikan pidato di hadapan wisudawan. Ditambahkan lagi olehnya bahwa PNUP sebagai salah satu perguruan tinggi yang berbasis pada keahlian dan keterampilan selalu menjamin mutu lulusan yang dihasilkan tiap tahun.

Hal tersebut dilakukan mengingat PNUP selama ini dikenal selalu menyediakan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri serta mampu menciptakan wirausahawan. Politeknik merupakan jalur pendidikan formal pada jenjang pendidikan tinggi dengan jenis pendidikan vokasi di mana para mahasiswa memang sengaja disiapkan untuk terjun langsung ke dunia kerja begitu lulus baik sebagai  pencari kerja maupun pencipta kerja.

Dalam pelaksanaan tugas yang berujung menghasilkan lulusan ini, PNUP  telah menjalin dan mendapatkan kesediaan kerja sama dan bantuan berbagai pihak yang menjadi perusahaan mitra PNUP. Sejumlah perusahaan besar baik yang berskala internasional maupun nasional telah mempercayakan proses rekruitmennya ditangani oleh PNUP. Hal tersebut tentunya memberikan manfaat besar kepada para wisudawan  dalam hal pemberdayaan lulusan PNUP untuk direkrut menjadi tenaga handal yang profesional. Dengan jumlah alumni sekitar hampir 17 ribu orang lebih yang telah tersebar di mana-mana, PNUP berbangga menempatkan diri sebagai salah satu perguruan tinggi yang berkontribusi dalam hal penyerapan tenaga kerja.

Wisuda ke-28 PNUP dirangkaikan juga dengan serah terima lulusan PNUP ke beberapa mitra kerja dimana para lulusan tersebut siap bekerja dan berkarya sesuai disiplin ilmu masing-masing. Direktur PNUP melakukan serah terima sebanyak 50 lulusan kelas kerjasama D3 Teknik Listrik dan Teknik Pembangkit Energi PT PLN (Persero ) angkatan kedua yang siap ditempatkan di seluruh wilayah kerja PLN se-Indonesia, 21 lulusan kelas kerjasama D1 Teknik Otomotif  Yayasan Kalla Toyota angkatan kedua,  dan 2 lulusan kelas kerjasama PT Energi Sengkang. Selain itu juga diserahkan juga sertifikat kompetensi dari Lembaga Sertifikasi Profesional (LSP)  PNUP kepada beberapa mahasiswa dari program studi akuntansi dan Teknik Komputer Jaringan yang telah lulus uji kompetensi.

Selain itu, keistimewaan lain juga dirasakan segenap civitas akademika PNUP karena pada wisuda kali ini turut juga hadir 67 mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dari Dikti yang  telah menyelesaikan program Diploma 3 dan S1 terapan di PNUP. Kegigihan 67 mahasiswa tersebut menunjukkan  bahwa keterbatasan ekonomi bukan alasan untuk mengejar dan mewujudkan impian kuliah di perguruan tinggi negeri karena setiap anak Indonesia berhak untuk mendapatkan pendidikan layak yang setinggi-tingginya tanpa ada diskriminasi. Sejak dicanangkan pertama kalinya pada 2010, program besiswa bidikmisi Dikti telah mewujudkan mimpi puluhan ribu anak yang menghadapi kendala ekonomi untuk melanjutkan kuliah

Pada kesempatan yang sama, ikut juga diwisuda lima mahasiswa program studi di luar domisili Kab. Bombana dari program Diploma 1 otomotif. Program studi di luar domisili merupakan program Dikti yang diselenggarakan dalam bentuk program pendidikan Diploma 1 dan Diploma 2 yang dapat menjadi jenjang pendidikan lanjutan bagi anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan spesialisasi dalam bidang terapan dan kompetensi sesuai kebutuhan industri. Saat ini, PNUP ditunjuk Dikti untuk menyelenggarakan program studi luar domisili di empat tempat sekaligus yaitu Kabupaten Keerom Provinsi Papua, Kabupaten Nagekeo Provinsi NTT, Kabupaten Manokwari Provinsi Papua Barat, dan Kabupaten Bombana Provinsi Sulawesi Tenggara.

 

DAFTAR NAMA WISUDAWAN TERBAIK PNUP

TAHUN AKADEMIK 2013/2014

No

Nama

Jurusan / P. Studi

Nilai IPK

Lama Studi

(Tahun-Bulan)

1

Lindayani Zama’un

D3 Teknik Konstruksi Gedung

3,70

3 Tahun 1 Bulan

2

Muhammad Azwar

D3 Teknik Konstruksi Sipil

3,72

3 Tahun 1 Bulan

3

Apriyanti Lindang

D3 Teknik Listrik

3,98

3 Tahun 1 Bulan

4

Nurtiningsih

D3 Teknik Telekomunikasi

3,78

3 Tahun 0 Bulan

5

Muhjaenuri

D3 Teknik Elektronika

3,95

3 Tahun 0 Bulan

6

Muhammad Masykur

S1 Teknik Komputer Jaringan

3,81

4 Tahun 0 Bulan

7

Sulistyowati

D3 Teknik Kimia

3,72

3 Tahun 1 Bulan

8

Anastasia Brigita

S1 Teknologi Kimia Industri

3,86

4 Tahun 1 Bulan

9

Hidayat Alfadin

D3 Teknik Mesin

3,75

3 Tahun 2 Bulan

10

Peres Aliansa Dwi Putra

D3 Teknik Konversi Energi

3,77

3 Tahun 1 Bulan

11

Zulkifli

D3 Teknik Otomotif

3,73

3 Tahun 1 Bulan

12

Anita Paramita

D1 Teknik Otomotif

3,95

1 Tahun 0 Bulan

13

Ridwansa

D4 Teknik Pembangkit Energi

3,81

4 Tahun 1 Bulan

14

Muh. Farid Hidayat

D4 Teknik Manufaktur

3,70

3 Tahun 11 Bulan

15

Nirmayani Masrurah

D3  Administrasi Bisnis

3,96

3 Tahun 0 Bulan

16

Rista Astari Rusdin

D4 Administrasi Bisnis

3,87

4 Tahun 0 Bulan

17

Badariah T.

D3 Akuntansi

3,96

3 Tahun 1 Bulan

18

Suhadi

S1 Akuntansi Manajerial

3,94

4 Tahun 1 Bulan

 
 
 
 
 
 

@poltek_upg