English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Menang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2014

13 Nov 2014 - 16:38 WITA · INSTITUSI · 662

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional setelah berhasil menjadi pemenang Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCBTN) 2014 kategori kapal cepat dengan sistem manual electric (Remote Control Electric). Acara yang berlangsung pada 4 – 7 November 2014 di Universitas Indonesia Jakarta diikuti oleh sebanyak 32 tim yang berasal dari 22 perguruan tinggi se-Indonesia. PNUP melalui tim SeaWolf_MP menunjukkan kebolehannya dengan berhasil mengalahkan tim-tim tangguh dari perguruan tinggi besar dan ternama di Pulau Jawa.

KKCBTN 2014 merupakan kontes tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) bekerja sama dengan Univeritas Indonesia (UI). Tema yang diangkat oleh panitia dalam kontes tahun ini adalah “Robot Kapal untuk Pertahanan Nasional”.  Lomba tersebut terbagi dalam 3 kategori, yaitu : Kapal Autonomous (Otomatis/Sensor), Kapal cepat dengan sistem manual electric (Remote Control Electric), dan Kapal cepat dengan sistem Fuel Engine (Manual System).

“KKCBTN merupakan kegaiatn yang sangat membantu mahasiswa guna mendorong kreativitas mahasiswa terutama untuk memotivasi mahasiswa dalam penguasaan teknologi selain sebagai implementasi ilmu pengetahuan yang didapatkan secara teoretis,” demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., selaku Direktur PNUP. Ditambahkan lagi olehnya bahwa melalui perlombaan tersebut diharapkan tumbuh suatu iklim yang sehat dalam berkompetensi  di antara sesama mahasiswa dan juga untuk mengembangkan sistem teknologi.                                    

Pada kategori Kapal Autonomous (Otomatis/Sensor) kapal harus dapat bergerak secara otomatis untuk melalui lintasan yang telah disediakan. Pada lintasan tersebut terdapat bola plastik berwarna merah dan hijau sebagai pembatas lintasan dan sebagai objek bagi kapal untuk bisa membaca warna dan bentuk bola dengan menggunakan sensor kamera agar dapat melewati lintasan sedangkan untuk kategori Kapal cepat dengan sistem manual electric (Remote Control Electric) kapal dirancang dengan menggunakan motor electric sebagai penggerak utamanya dan dikendalikan secara manual melalui remot kontrol.

Untuk kategori Kapal cepat dengan sistem Fuel Engine (Manual System) kapal dirancang dengan menggunakan engine dengan menggunakan bahan bakar sebagai penggerak utama kapal dan dikendalikan secara manual melalui remot kontrol. Lomba terdiri dari dua penilaian yaitu speed test dan manuver test. Kapal yang mampu melewati kedua test tersebut dengan catatn waktu tercepat dinyatakan sebagai juara.

Pada kategori kapal cepat dengan sistem manual electric, tim SeaWolf_MP yang berasal dari jurusan Teknik Mesin PNUP berhasil merajai kategori ini dan menjadi juara 1 setelah dalam pertandingan berhasil menuntaskan perlawanan dari lawan-lawan yang tangguh seperti UI, ITB, UGM, dan PENS dengan selisih waktu yang sangat mencolok dan menjadi rekor waktu tercepat. Tim PNUP dalam kontes tersebut untuk speed dan manuver test mampu memperoleh catatan waktu 9,75 detik sedangkan Universitas Indonesia (UI) yang tampil sebagai juara kedua hanya mampu memperoleh catatan waktu 11,6 detik yang merupakan saingan terberat tim PNUP dalam kontes tersebut.

Berikut daftar pemenang KKCBTN 2014  :

  1. Kategori Autonomus :

Juara 1 : PENShip (PENS Surabaya)

Juara 2 : Vista Bahari Kencana (

Juara 3 : MAKARA-04 (UI, Depok)

  1. Kategori Remote Control Electric :

Juara 1 : SeaWolf_MP (Politeknik Negeri Ujung Pandang, Makassar)

Juara 2 : Makara Arjuna (UI, Depok)

Juara 3 : Baru Nastra (ITS, Surabaya)

  1. Kategori Fuel Engine :

Juara 1 : U.A.R.T. (Institut Teknologi Nasional Malang)

Juara 2 : MAKARABHARATA (UI, Depok)

Juara 3 : Krakatau MTB III (STMIK Teknokrat, Lampung)

 
 
 
 
 
 

@poltek_upg