English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Pengenalan SPT Mahasiswa Baru 2014 PDD PNUP Manokwari

17 Sep 2014 - 07:22 WITA · INSTITUSI · 755

Direktur Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), Dr. Pirman, M. Si., berkesempatan menghadiri acara Pengenalan Sistem Pendidikan Tinggi bagi mahasiswa baru Program Studi di Luar Domisili (PDD) PNUP Manokwari. Acara yang berlangsung mulai 12 - 14 September 2014 diikuti oleh sebanyak 83 mahasiswa baru PDD PNUP Manokwari angkatan ketiga yang terdiri dari 72 orang mahasiswa baru program studi D2 Teknik Komputer Jaringan dan 11 orang mahasiswa baru program studi D2 Teknik Otomotif bertempat di SMK Negeri 2 Manokwari. Acara yang dibuka oleh Bupati Manokwari turut dihadiri oleh perwakilan dari berbagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Manokwari dan perwakilan Universitas Negeri Papua.

“PDD merupakan program yang diadakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan mengembangkan kemampuan tenaga kerja yang berbasis keunggulan lokal melalui pendidikan vokasi atau keahlian terapan. Itulah sebabnya mengapa Dikti lebih memilih PNUP sebagai pembina PDD Manokwari dan tidak memilih perguruan tinggi lain yang ada di Papua atau Papua Barat karena PNUP merupakan perguruan tinggi berbasis vokasi. Hal tersebut tentu saja sejalan dengan tujuan pendirian PDD yang telah tersebar di 65 kabupaten se-Indonesia,” demikian dijelaskan oleh Dr. Pirman, M.Si., selaku Direktur PNUP.

Di kesempatan yang sama, Bupati Manokwari melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Sumedi selaku Staf Ahli Bidang Sumber Daya Manusia Pemerintah Kabupaten Manokwari berpesan bahwa pemerintah Manokwari selalu mendukung setiap usaha dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan termasuk pendirian PDD sejak 2013 lalu. Pendidikan merupakan salah satu cara yang dapat ditempuh untuk memutus mata rantai kemiskinan dan keterbelakangan yang selama ini masih menjadi momok yang membelenggu masa depan anak-anak Indonesia. Melalui PDD, pemerintah Manokwari berharap dapat menjadi pintu untuk meningkatkan mutu pendidikan sehingga anak-anak Manokwari dapat sejajar dengan anak-anak lain di Indonesia yang mudah menerima akses pendidikan. Di akhir sambutannya, Bupati Manokwari menaruh harapan besar dan PNUP dan perguruan tinggi lainnya di Papua Barat agar senantiasa memberi sumbangan program pendidikan bagi anak-anak Manokwari.

Selama tiga hari mengikuti pengenalan sistem pendidikan tinggi, mahasiswa baru PDD PNUP Manokwari tahun akademik 2014/2015 akan mendapat berbagai materi penting terkait pendidikan tinggi sebagai dunia baru yang akan mereka jalani. Materi tersebut antara lain tata tertib akademik, tata tertib kampus, peraturan kemahasiswaan, dan lain-lain. Mahasiswa baru yang lulus di setiap perguruan tinggi diibaratkan sedang memasuki rumah baru sehingga mereka perlu diperkenalkan dengan aturan-aturan yang berlaku di rumah baru agar mudah terjadi proses adaptasi.

 

 

 


@poltek_upg