English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Buka Pendaftaran PDD di Bone

09 Sep 2014 - 11:10 WITA · INSTITUSI · 1,932

Setelah lama dipersiapkan melalui sejumlah konsolidasi dan sosialisasi, Politeknik Negeri Ujung Pandang bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bone akhirnya merealisasikan pendirian Program Studi di Luar Domisili (PDD). Pendirian program tersebut telah mendapat restu dari Direktorat Pendidikan Tinggi ( Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang nantinya akan menjadi rintisan Politeknik Negeri Teknologi Bone. Di awal keberadaannya, PD Bone akan berada di bawah binaan PNUP hingga dianggap mampu untuk berdiri sendiri sebagai Politeknik Negeri Teknologi Bone.

PDD merupakan program yang diadakan oleh Dikti sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan dan mengembangkan kemampuan tenaga kerja yang berbasis keunggulan lokal melalui pendidikan vokasi atau keahlian terapan. Program tersebut dapat menjadi jenjang pendidikan lanjutan bagi lulusan SMA atau sederajat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran untuk mendapatkan spesialisasi dalam bidang terapan. Penyelenggaraan bentuk pendidikan PDD merupakan pendidikan berkelanjutan dengan kompetensi sesuai kebutuhan industri,” demikian dijelaskan oleh Dr. Pirman, M.Si., selaku Direktur PNUP.

Ditambahkan lagi olehnya melalui PDD yang telah tersebar di beberapa kabupaten se-Indonesia diharapkan dapat tercipta kualitas SDM yang unggul dan kompetitif untuk mengembangkan potensi daerah. Kehadiran program yang telah Dikti adakan sejak 2012 lalu berpeluang memberikan kontribusi positif bagi peningkatan tenaga kerja terdidik. Hal tersebut relevan dengan penyiapan tenaga kerja yang dibutuhkan  baik di daerah maupun di kalangan dunia usaha dan industri yang akan berdampak pada peningkatan human capital secara nasional.

Untuk tahun akademik 2014/2015, PDD Bone membuka pendaftaran untuk empat program studi yang terdiri atas program studi D3  teknik sipil, D3 teknik kimia mineral, D3 administrasi bisnis, dan D3 akuntansi. Pendaftarannya sendiri telah dimulai pada 28 Agustus lalu hingga 27 September 2014. Ujian masuk dilakukan pada 30 September 2014, pengumuman hasil ujian masuk diumumkan pada 4 Oktober 2014, dan dilanjutkan dengan pendaftaran ulang 6 – 8 Oktober 2014.  

Bagi calon mahasiswa baru yang ingin mendaftar dapat melakukan pendaftaran di dua tempat yaitu :

  1. Kantor UPD Lembaga Latihan Kerja (LLK) UKM Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Bone Jalan Yos Sudarso Km. 5 Cellu Watampone
  2. Kampus PNUP Jalan Perintis kemerdekaan Km. 10 Tamalanrea     

Persyaratan PDD PNUP Bone :

  1. Lulusan SMA/sederajat berusia maksimal 24 tahun pada tanggal 25 Agustus 2014;
  2. Tidak mempunyai cacat tubuh yang dapat mengganggu kelancaran belajar dan tugas pada program studi yang dipilih;
  3. Tidak menderita buta warna bagi calon yang memilih program studi teknik kimia (dibuktikan dengan surat keterangan dokter);
  4. Mengisi formulir pendaftaran calon mahasiswa baru dengan lengkap dan benar;
  5. Fotokopi ijazah yang dilegalisasi;
  6. Fotokopi nilai UAN yang dilegalisasi;
  7. Fotokopi kartu pengenal (KTP, paspor, SIM, atau kartu pelajar)
  8. Pas foto ukuran 4 x 6 cm sebanyak dua lembar.
 

@poltek_upg