English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Diksarlin Mahasiswa Baru 2014 PNUP

18 Aug 2014 - 11:24 WITA · INSTITUSI · 451

Sebanyak 999 mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) tahun akademik 2014/2015 mengikuti Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarlin) yang berlangsung mulai 18 – 24 Agustus 2014. Pembukaan Diksarlin 2014 PNUP pada Senin, 18 Agustus 2014 di kampus PNUP diawali dengan prosesi pengukuhan penerimaan mahasiswa baru oleh Direktur PNUP, Dr. Pirman, M. Si., yang turut juga dihadiri perwakilan para orang tua mahasiswa baru PNUP. Dikasarlin  PNUP 2014 terdiri dari empat kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh maba PNUP meliputi Sistem Perguruan Tinggi (SPT) dan Pengenalan Lembaga Kemahasiswaan (PLK) yang berlangsung pada 18 - 20 Agustus 2014 bertempat di kampus PNUP, Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK) yang dilaksanakan pada 21-24 Agustus 2014 bertempat Brigif Linud 3/TBS Kostrad Kariango., dan pendidikan spiritual berupa pesantren kilat dan kemah kasih pada 29-30 Agustus 2014.

Ketua panitia Diksarlin 2014 PNUP, Ir. Zulmanwardi . M,Si.,  mengatakan bahwa selama mengikuti Diksarlin, mahasiswa baru PNUP akan diperkenalkan mengenai sistem pendidikan yang diterapkan di Politeknik yang berlaku secara nasional. Selama 3 hari pertama, mereka akan mendapat materi seputar Sistem Pendidikan Tinggi (SPT) yang meliputi tata tertib akademik, paeraturan kemahasiswaan, tata tertib kampus,pengenalan lembaga kemahasiswaan, dan lain-lain. Setelah itu , mahasiswa baru tersebut akan mengikuti LDK sebagai upaya pembentukan karakter kedisiplinan dan ketangguhan para mahasiswa baru. Melalui LDK juga diharapkan para mahasiswa baru dapat lebih mengembangkan sikap berani, jujur, bertanggung jawab, dan meningkatkan semangat kebersamaan.

Para mahasiswa baru yang berjumlah 999 orang dikukuhkan sebagai mahasiswa PNUP tahun akademik 2014/2015  melalui rapat senat terbuka luar biasa yang dihadiri oleh 30 anggota senat PNUP. Dalam pidatonya usai mengukuhkan para mahasiswa baru PNUP, Dr. Pirman, M.Si., selaku Direktur PNUP mengungkapkan bahwa para mahasiswa baru yang lulus di setiap perguruan tinggi ibarat memasuki rumah baru sehingga mereka perlu diperkenalkan dengan rule of conduct rumah yang baru. Intinya adalah bagaimana memperkenalkan sistem pendidikan tinggi, cara belajar mandiri, dan suasana kampus baru.  Setiap perguruan tinggi memiliki ciri khas masing-masing yang harus diketahui setiap mahasiswa begitu pula dengan PNUP.  Diksarlin secara umum bertujuan membantu transformasi karakter siswa menjadi mahasiswa melalui sejumlah materi dan simulasi yang relevan dalam memperkenalkan dunia kemahasiswaan sehingga dapat menciptakan karakter mahasiswa di mana mereka harus memiliki sifat kritis, mandiri, dan ilmiah.

Ditambahkan lagi Dr. Pirman, M.Si., Diksarlin merupakan salah satu cara agar mahasiswa baru bisa beradaptasi dengan baik sehingga dalam menimba ilmu dan membekali diri di kampus dapat berjalan dengan baik. Hal tersebut penting mengingat dunia kampus merupakan lingkungan baru yang berbeda dengan dunia SMA/SMK. Materi orientasi meliputi sistem akademik, budaya, dan etika kehidupan perguruan tinggi, organisasi dan kegiatan kemahasiswaan, serta persiapan penyesuaian diri di perguruan tinggi.  Secara institusi, PNUP berharap tetap mampu melakukan peran pencerdasan masyarakat dan transimisi budaya serta mempercepat proses peningkatan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Usai mengikuti Diksarlin, para mahasiswa baru PNUP tahun akademik 2014/2015 diwajibkan juga untuk mengikuti pembinaan spiritual agama masing-masing yang akan berlangsung selama dua hari  pada 29 – 30 Agustus 2014. Pembinaan spiritual dianggap perlu  sebab sebagaimana diketahui, kompetensi (kemampuan) hasil didik atau lulusan tidak hanya terletak pada penguasaan ilmu dan keterampilan, tetapi juga memiliki harus memiliki landasan kepribadian, memiliki kemampuan, serta pemahaman kaidah dalam berkarya. Dengan kata lain, hasil didik tidak hanya sekadar menjadi cerdas, tetapi juga memiliki jiwa yang berperilaku mulia.

 

 

@poltek_upg