English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

3.596 Peserta Bersaing di UMPN 2014 PNUP

13 Jun 2014 - 15:39 WITA · INSTITUSI · 1,994

Sebanyak 3.596 calon mahasiswa baru Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) siap bersaing melalui jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) yang digelar secara bersamaan oleh Politeknik Negeri se-Indonesia pada Sabtu, 14 Juni 2014.  Jumlah tersebut diperoleh berdasarkan jumlah terakhir peserta yang mendaftar dan melakukan registrasi secara online pada web resmi pendaftaran PNUP. Dari 3.596 peserta UMPN sebanyak 1.926 memilih program rekayasa, 1.015 meilih program tata niaga, dan sisanya sebesar 655 memilih program campuran.

Untuk tahun akademik 2014/2015, PNUP membuka pendaftaran untuk 21 program studi yang terbagi menjadi 11 program studi D-3 dan 10 program studi S-1 terapan di mana dua diantaranya merupakan program studi baru. Kedua program studi baru tersebut adalah Teknik Multimedia Jaringan (TMJ) dan Teknik Mekatronika  yang semuanya merupakan program studi S1 terapan. Jumlah daya tampung mahasiswa yang  akan diterima PNUP tahun akademik 2014/2015 sebanyak 947 mahasiswa baru. Jumlah tersebut merupakan total jumlah keseluruhan mahasiswa baru yang diterima melalui melalui Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), Jalur Lomba, Jalur Beasiswa Bidik Misi, Jalur Kelas Kerjasama PLN, dan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)

“Pelaksanaan UMPN PNUP dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan begitu pula dengan hasil kelulusan nanti sehingga diimbau kepada para peserta yang akan mengikuti UMPN PNUP untuk tidak mudah percaya atau tertipu dengan oknum-oknum tertentu yang memberikan iming-iming kelulusan”, demikian disampaikan Dr. Pirman, M. Si. selaku Direktur PNUP.

Pelaksanaan UMPN PNUP yang  bertempat di Kampus PNUP akan dimulai tepat pukul 08.30 WITA untuk kelompok bidang studi rekayasa dan  pukul 13.30 WITA untuk kelompok bidang studi tata niaga. Mata pelajaran yang diujikan baik untuk program D3 maupun D4 kelompok bidang studi rekayasa adalah matematika, fisika, kimia, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris sedangkan untuk kelompok bidang studi tata niaga adalah bahasa Indonesia, bahasa Inggris, matematika, ekonomi, dan akuntansi. Pengumuman hasil UMPN secara serentak di semua Politeknik Negeri se-Indonesia akan diumumkan pada Jumat, 20 Juni 2014 melalui menu pengumuman di http://umpn.poliupg.ac.id .

Sebelum mengikuti perkuliahan, calon mahasiswa baru PNUP terlebih dahulu mengikuti Pendidikan Dasar Kedisiplinan (Diksarlin) 2014/2015 yang akan dilaksanakan di akhir Agustus atau awal September. Diksarlin secara umum bertujuan membantu transformasi karakter siswa menjadi mahasiswa melalui sejumlah materi dan simulasi yang relevan dalam memperkenalkan dunia kemahasiswaan sehingga dapat menciptakan karakter mahasiswa di mana mereka harus memiliki sifat kritis, mandiri, dan ilmiah.


@poltek_upg