English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

PNUP Menang Kontes Robot Indonesia 2014 Regional V

26 May 2014 - 12:01 WITA · INSTITUSI · 1,972

Tim robot Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) yang diwakili oleh tim robot dari jurusan teknik mesin dan teknik elektro berhasil memenangkan tiga kategori lomba pada ajang Kontes Robot Indonesia (KRI) 2014 Regional V yang berlangsung pada 22-25 Mei 2014 di Universitas Mataram NTB. PNUP menempatkan tiga tim robotnya sebagai pemenang yaitu Kaluara sebagai juara 1 kategori Kontes Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI Berkaki), PK-10 sebagai juara 1 kategori Kontes Robot Pemadam Api Beroda (KRPAI Beroda), dan Palekko_MP sebagai juara 1 kategori Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI).

KRI merupakan ajang kontes robot yang diadakan secara nasional dan merupakan agenda tahunan Dirjen Dikti Kemendikbud. KRI 2014 dibagi menjadi lima regional dimana untuk KRI Regional V di Mataram diikuti sebanyak 77 tim yang berasal dari 29 perguruan tinggi negeri dan swasta dari wilayah timur Indonesia meliputi Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Pertandingan KRI diawali dengan pertarungan di tingkat regional yang kemudian akan dilanjutkan ke tingkat nasional pada 18-22 Juni 2014 di Yogyakarta. Pemenang dari pertandingan di tingkat nasional tersebut selanjutnya akan mewakili tim Indonesia untuk berlaga di ABU Robocon 2014 yang dilaksanakan pada tanggal 24 Agustus 2014 di kota Pune India.

“Kegiatan KRI diselenggarakan secara rutin guna mendorong kreativitas mahasiswa terutama untuk mendorong dan memotivasi mahasiswa dalam penguasaan teknologi selain sebagai implementasi ilmu pengetahuan yang didapatkan secara teoretis,” demikian dikatakan Drs. Muslimin, M.T., M. Hum., selaku Pembantu Direktur III PNUP. Ditambahkan lagi olehnya bahwa melalui perlombaan tersebut dapat ditumbuhkan suatu iklim yang sehat dalam berkompetensi  di antara sesama mahasiswa dan juga untuk mengembangkan sistem teknologi di bidang robotika.

KRI 2014 terbagi menjadi lima kategori sebagai berikut :

  1. Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI) bertemakan "Taman Bermain Anak Indonesia" yang mengadopsi tema ABU Robocon 2014 yaitu A Salute to the Parenthood
  2. Kontes Robot Pemadam Api Beroda (KRPAI Beroda) ) bertemakan "Robot Cerdas Pemadam Api"
  3. Kontes Robot Pemadam Api Berkaki (KRPAI Berkaki) ) bertemakan "Robot Cerdas Pemadam Api"
  4. Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI) bertemakan "Robot Penari Legong Keraton"
  5. Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) bertemakan "Liga Sepak Bola Robot Humanoid"

Pada KRI 2014, tim robot PNUP absen mengikuti kategori KRSBI dan hanya mengikuti empat kategori yang dilombakan dan berhasil menjadi pemenang di kategori KRPAI Beroda, KRPAI Berkaki, dan KRSI. Menghadapi ajang nasional di Yogyakarta nanti, tim robot PNUP kembali optimis berpeluang untuk bisa tampil sebagai pemenang di salah satu kategori tersebut mengingat pada KRI 2013 tingkat nasional tim robot PNUP berhasil menjadi juara 1 untuk kategori KRSI.

 


@poltek_upg