English | Bahasa Indonesia

Detail Berita

Try Out Kelas Kerja Sama PNUP - PLN

04 Apr 2014 - 07:17 WITA · INSTITUSI · 3,027

Untuk lebih memperkenalkan kelas kerja sama PLN yang ada di Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), mahasiswa kelas kerjasama PNUP - PLN mengadakan simulasi ujian masuk kelas kerja sama PNUP – PLN yang dikemas dalam bentuk try out. Acara try out yang dihadiri ratusan siswa SMA/SMK/MA se- Makassar dan sekitarnya diadakan pada Minggu, 30 Maret 2013 bertempat di aula lantai 3 kampus PNUP. “Pelaksanaan try out kelas kerja sama PLN secara umum untuk memberikan informasi kepada para siswa sekolah menengah atas dan kejuruan bahwa ada alternatif lain yang dapat dipilih untuk melanjutkan pendidikan setelah lulus nanti. Kelas kerja sama PNUP – PLN  merupakan salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru yang diadakan oleh PNUP. Keunggulan jalur ini adalah para alumni akan langsung diterima sebagai pegawai tetap PT PLN (Persero) setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, “ demikian diungkapkan Iskandar Sabang, S.ST., MSA., selaku Kepala UPT Hubungan Industri PNUP yang menangani kelas kerja sama PLN. Selain simulasi soal seleksi masuk kelas kerja sama PLN 2014, pada saat try out juga diadakan talk show pendidikan dimana para peserta try out dapat melakukan sharing seputar sistem pelaksanaan pendidikan program kelas kerjasama PLN. Di kesempatan yang sama juga akan diberikan tips dan trik seputar masalah psikotes dan kesehatan yang merupakan rangkaian seleksi kelas kerja sama PLN.

Pendaftaran kelas kerja sama PLN sendiri rencananya akan dibuka pada 14 s.d. 30 April 2014.  Rangkaian tes seleksi kelas kerja sama PLN meliputi seleksi administrasi, tes kemampuan akademik, tes psikologi, tes kesehatan, dan wawancara. Di kesempatan yang sama, Hamzah Dg. Mattaju selaku Manager Pengembangan SDM dan Organisasi PLN (persero) Wilayah Sultanbatara, mengatakan bahwa selaku generasi muda,  para siswa sekolah menengah yang sebentar lagi menjadi mahasiswa harus berani untuk melakukan perubahan dengan mengembangkan segala keterampilan yang dimiliki. Indonesia secara umum dan Sulawesi Selatan pada khususnya memiliki banyak potensi sumber daya alam yang dapat dikembangkan secara maksimal  yang tentunya membutuhkan sentuhan sumber daya manusia yang handal dan terampil. Untuk membentuk sumber daya manusia seperti yang diharapkan tersebut sudah harus dimulai sejak dini dengan melalui berbagai media.

PLN sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia memberikan salah satu jalan dengan mengadakan kelas kerja sama yang telah dirintis dengan beberapa politeknik negeri di Indonesia termasuk PNUP. Melalui try out kelas kerja sama PLN, diharapkan dapat membantu memberikan gambaran kepada para siswa yang berminat untuk mengikuti program pendidikan tersebut terkait dengan materi soal seleksi masuk dan rangkaian tes lainnya. Hingga saat ini, PNUP telah mendidik empat angkatan kelas kerja sama PLN sejak dimulai tahun 2010 lalu yang terbagi ke program studi D3 Teknik Listrik dan Teknik Konversi Energi. Angkatan pertama sebanyak 17 orang telah lulus pada 2013 lalu dan saat ini telah ditempatkan di seluruh wilayah kerja PLN se-Indonesia.


@poltek_upg