BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

BAN-PT Visitasi Teknik Multimedia dan Jaringan PNUP
Diposting: Senin, 30 Oct 2017

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) mendapat kunjungan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dalam rangka proses akreditasi program studi (prodi) S1 Terapan Teknik Multimedia dan Jaringan (TMJ) Jurusan Teknik Elektro. BAN-PT yang diwakili oleh Dr. Tubagus Maulana Kusuma, S. Kom., M. Eng. Sc. (Univ. Gunadarma)  dan Dr. Adhi Dharma Wibawa, S. T. (Institut Teknologi Surabaya) melakukan visitasi ke PNUP dalam bentuk asesmen lapangan  selama 3 hari (29-31/10).  Asesmen lapangan merupakan salah satu tahap yang harus dipenuhi untuk proses akreditasi sebuah prodi.

Dalam sambutannya saat menerima tim BAN-PT, Wakil Direktur I PNUP, Ibrahim Abduh, S.S.T., M.T., menyampaikan bahwa asesmen lapangan menjadi salah satu tahap sangat penting sebab akan dilakukan sejumlah kegiatan seperti verifikasi, validasi, dan melengkapi data serta informasi yang disajikan dalam borang, serta melakukan penilaian lapangan di prodi yang  bersangkutan. Melalui asesmen lapangan dapat dilihat sejauh mana sebuah prodi terus membenahi diri dan memperbaiki kualitas pembelajaran. Untuk itu, ia berpesan kepada semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan prodi  S1 Terapan TMJ PNUP agar benar-benar maksimal memberikan pelayanan dan dukungan terkait asesmen lapangan..

Ditambahkan lagi bahwa akreditasi dapat memberikan jaminan kepada masyarakat luas. Jaminan itu terdiri dari berbagai elemen bahwa prodi yang  telah diakreditasi mampu memenuhi standar mutu yang ditetapkan oleh BAN-PT sesuai dengan ketentuan akreditasi sebagaimana tercantum dalam Undang-undang No.12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Nilai akreditasi yang dikeluarkan BAN-PT dapat memberikan perlindungan bagi masyarakat dari penyelenggaraan prodi yang tidak memenuhi standar yang ditetapkan itu. Fokus evaluasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim asesor terletak pada standar dan elemen penilaian/parameter berupa evaluasi diri dan borang prodi dengan mengacu pada beberapa poin standar penilaian seperti mahasiswa dan lulusan, sumber daya manusia, kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik, dan lain-lain.

Prodi S1 Terapan TMJ terbilang masih baru di PNUP sebab baru diselenggarakan pada 2014. PNUP sendiri pada saat itu merupakan perguruan tinggi kedua se-Indonesia yang membuka program studi tersebut setelah sebelumnya dibuka di Institut Teknologi Surabaya (ITS) pada 2013.  TMJ adalah perpaduan dari bidang multimedia dan jaringan dimana data yang berbentuk multimedia seperti seperti teks, suara, gambar, video, dan dokumen dapat berinteraksi, ditransmisikan, dimainkan, dipertukarkan, dan disebarluaskan yang arahnya lebih menuju pada fenomena konversi digital. Sementara bidang jaringan, menitikberatkan pada perubahan dari komputasi statis ke komputasi mobile, dari layanan pusat ke cloud computing, dan dari komputasi personal ke ubiquitous computing yang hasilnya tampak pada penggunaan smartphone, tablet, smart TV, dan televisi digital. Lulusan prodi TMJ diharapkan  mahir secara hard skill dan soft skill sehingga dapat siap terjun untuk memenuhi kebutuhan industri kreatif yang terus tumbuh dengan pesat khususnya  entertainment  seperti animator, web designer, videographer, art director, photographer, storyboarder, digital illustrator dan lain-lain membuat disiplin ilmu TMJ memiliki prospek kerja yang luas.

 

 

0 Komentar
Tidak ada komentar untuk berita ini.
Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On