BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

Pendaftaran Kelas Kerja Sama PNUP- PLN Buka 10 April
Diposting: Kamis, 06 Apr 2017

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru kelas kerja sama ikatan dinas PT. PLN (Persero) tahun akademik 2017/2018. Jadwal pendaftaran kelas kerja sama PNUP-PLN dimulai 10 April hingga 27 April. Untuk tahun akademik 2017/2018, PNUP akan menerima mahasiswa baru kelas kerja sama program studi D3 Teknik Listrik dengan daya tampung 50 orang yang dibagi menjadi dua kelas.  Hingga saat ini, PNUP telah mendidik tujuh angkatan kelas kerja sama PLN sejak 2010 lalu dan sudah ada empat angkatan yang diluluskan dan telah bekerja di seluruh wilayah kerja PLN se-Indonesia.

“Tujuan utama yang hendak dicapai dari kelas kerjasama tersebut adalah untuk memenuhi kebutuhan rekrutmen pegawai di PT PLN (Persero) dan menjamin sepenuhnya bagi luaran program ini untuk diikutkan dalam diklat prajabatan dan selanjutnya diterima serta diangkat sebagai pegawai PT PLN (Persero). Pola pembelajaran pendidikan vokasi yang PNUP terapkan menjadi salah satu alasan mengapa PLN masih memberikan kepercayaan kepada PNUP untuk tetap menjalankan program kelas kerja sama tersebut dengan jumlah peminat yang sangat banyak setiap tahunnya”, demikian dijelaskan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M. S., Direktur PNUP.

Ditambahkan lagi oleh Direktur PNUP bahwa lulusan kelas kerja sama tersebut sedari awal sudah dipersiapkan untuk mampu mengakomodasi berbagai kebutuhan yang diperlukan oleh pihak PLN dan dalam hal penyediaan SDM yang tidak hanya mahir secara konseptual tetapi juga mahir secara praktik karena begitu selesai kuliah para lulusannya langsung diterima bekerja. Kurikulum dan silabus pengajaran telah disusun oleh PNUP yang berbasis kompetensi dengan tetap mengacu pada pengaturan dan ketentuan pendidikan tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan PLN.

Pembantu Direktur I PNUP, Ibrahim Abduh, S.S.T., M.T., juga menjelaskan bahwa seleksi yang dilakukan dalam penerimaan calon mahasiswa baru kelas kerja sama PNUP-PLN sedikit berbeda dengan jalur penerimaan calon mahasiswa baru PNUP lainnya karena harus melewati beberapa tahapan tes yang ketat dengan langsung melibatkan pihak internal PLN. Kelas kerja sama PNUP-PLN merupakan program pendidikan ikatan dinas yang menggunakan sistem gugur dengan sejumlah evaluasi dan persyaratan yang telah ditentukan oleh pihak PLN. Hal ini penting dilakukan sebab program kelas kerja sama PNUP-PLN hanya dilaksanakan maksimum enam semester dengan beban studi maksimal 120 SKS dimana setiap peserta program wajib melaksanakan program magang selama maksimal enam bulan di PLN dengan mendapatkan uang saku dan di akhir program wajib membuat tugas akhir yang berkaitan dengan proses bisnis PLN.

Seleksi penerimaan/ujian masuk calon peserta kelas kerja sama PNUP-PLN mengikuti ketentuan sistem rekrutmen pegawai yang berlaku di lingkungan PLN dan ketentuan penerimaan calon mahasiswa PNUP. Seleksi penerimaan akan dilaksanakan dengan tahapan seleksi adminstrasi, tes kemampuan akademik, tes psikologi, tes fisik, tes kesehatan, dan wawancara. Untuk pelaksanaan seleksi adminstrasi dan tes kemampuan akademik akan dilaksanakan oleh pihak PNUP sedangkan tes lainnya akan dilaksanakan langsung oleh pihak PLN. Mata pelajaran yang diujikan baik untuk program kelas kerja sama PNUP-PLN adalah fisika, matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris.

5 Komentar
asri

maaf pak untuk syarat pendaftarannya , kalau misalkan pendaftar bukan dari jurusan teknik elektro apa boleh mendaftar pak ?

Alamsyah

Persyaratannya apa saja pak?

ade ameilya

Assalamualaikum.. Apakah smk jurusan akuntansi bisa daftar di kks pln in?

sugito

mohon informasi, sarat pendaftaran bagemana dan apa-apa yang di butuhkan

Alam

Assalamualaikum . . ., selain ikatan dinas pln apakah pnup msih memiliki ikatan dinas lain ? mohon infonya. terima kasih

Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On