BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

Wisuda ke-30, PNUP Lepas 897 Lulusan
Diposting: Sabtu, 26 Nov 2016

Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) meluluskan sebanyak 897 lulusan diploma tiga dan sarjana terapan melalui wisuda XXX tahun akademik 2016/2017 pada Sabtu, 26 November 2016. Bertempat di Baruga A. P. Pettarani Unhas, prosesi wisuda dilakukan melalui rapat senat terbuka luar biasa yang dihadiri oleh Direktur Inovasi Industri Direktorat Penguatan Inovasi Kemristekdikti, seluruh anggota senat PNUP, sejumlah dewan penyantun, mitra kerja perusahaan, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan PNUP, orang tua wisudawan, serta para tamu undangan. Para lulusan baru tersebut berasal dari 11 program studi diploma tiga dan 8 program studi sarjana terapan.

 “Peran pendidikan yang berorientasi keterampilan atau vokasi seperti PNUP menjadi penting dan strategis untuk mendorong terjadinya optimalisasi pendayagunaan segala potensi sumber daya di Indonesia karena sungguh disayangkan jika harus dikelola oleh tenaga kerja asing  yang bebas keluar masuk Indonesia sebagai salah satu konsekuensi yang tidak dapat dihindari akibat pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Untuk itu agar dapat berkompetisi dengan tenaga kerja asing di era MEA, setiap lulusan perguruan tinggi harus memiliki hard skills berupa ilmu pengetahuan dan teknologi serta soft skills yang meliputi kemampuan berkomunikasi, kemampuan bekerja secara mandiri, kemampuan berlogika, dan kemampuan analisis yang memadai”, demikian dikatakan Dr. Ir. Hamzah Yusuf, M.S., Direktur PNUP, saat menyampaikan pidato di hadapan wisudawan.

Ditambahkan lagi bahwa PNUP telah berupaya semaksimal mungkin guna menghasilkan lulusan berkualitas yang memiliki kompetensi di bidang keilmuan masing-masing. Kompetensi setiap lulusan dipandang sangat perlu sebab merupakan akumulasi kemampuan lulusan dalam melaksanakan sebuah pekerjaan berdasarkan keahlian yang dimilikinya secara terukur melalui sejumlah asesmen tertentu dan terstruktur yang meliputi aspek kemandirian serta tanggung jawab pada bidang kerja dan keahliannya.  Kompetensi juga sangat diperlukan sebab berorientasi pada pemenuhan kebutuhan stakeholeders yang juga meliputi kebutuhan profesional, kebutuhan dunia kerja, kebutuhan masyarkat, dan tentunya kebutuhan generasi masa depan

Dalam menghadapi pasar bebas tenaga kerja, PNUP melakukan strategi berupa peningkatan keahlian setiap lulusannya melalui kompetensi profesi. Tahun ini PNUP kembali melakukan uji kompetensi keahlian tertentu kepada mahasiswa yang akan lulus guna menambah nilai jual lulusan PNUP yang membuatnya menjadi berbeda dengan lulusan perguruan tinggi lainnya. Pada saat lulus dan diwisuda, lulusan PNUP selain memperoleh ijazah mereka juga berhak mendapatkan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) yang memberikan banyak manfaat pada saat memasuki dunia kerja.

Di kesempatan yang sama, Ir. Santosa Yudo Warsono, M.T.,  selaku Direktur Inovasi Industri Direktorat Penguatan Inovasi Kemristekdikti dalam orasi ilmiahnya menyampaikan bahwa kemandirian ekonomi Indonesia dapat diwujudkan dengan menciptakan inovasi dan teknologi pada berbagai industri jika dua persen dari total jumlah penduduk Indonesia saat ini bertindak sebagai entrepreneur.  Jumlah tersebut akan mendorong pertumbuhan produktivitas yang tinggi.  Untuk mencapainya, Kementerian Ristek dan Dikti mendorong sektor pendidikan melalui pendidikan vokasi dengan melakukan revitalisasi dalam bentuk kuliah dua semester, magang dua semester, dan membuat karya satu semester dengan perbandingan 70 persen praktek dan 30 persen teori. Selain itu, perguruan tinggi juga harus menerapkan kurikulum wirausaha yang pastinya akan member manfaat yang sangat besar bagi mahasiswa jika telah lulus kuliah.

Seperti tahun sebelumnya, wisuda kali ini  PNUP melakukan  serah terima lulusan kepada dua mitra kerja dimana para lulusan tersebut siap bekerja dan berkarya sesuai disiplin ilmu masing-masing. Direktur PNUP melakukan serah terima sebanyak 25 lulusan kelas kerjasama D3 Teknik Listrik PT PLN (Persero ) angkatan keempat yang siap ditempatkan di seluruh wilayah kerja PLN se-Indonesia dan 2 lulusan kelas kerjasama PT Energi Sengkang. Dari 897 lulusan PNUP yang diwisuda, terdapat 19 wisudawan terbaik dari setiap program studi dengan nilai rata-rata komulatif sebesar, 3,8.

DAFTAR NAMA WISUDAWAN TERBAIK PNUP

TAHUN AKADEMIK 2016/2017

No

Nama

Jurusan / P. Studi

Nilai IPK

Lama Studi

(Tahun-Bulan)

1

Svenson Ringgi’ Allo

D3 Teknik Konstruksi Gedung

3,73

3-1

2

Nasrah

D3 Teknik Konstruksi Sipil

3,83

3-1

3

Rafika

S1 Terapan Jasa Konstruksi

3,73

4-1

4

Rizqi Amalia Burhan

D3 Teknik Listrik

3,92

2–8

5

Amiludin

D3 Teknik Telekomunikasi

3,76

2–11

6

Maya Itasari

D3 Teknik Elektronika

3,71

3- 0

7

Masfufa

S1 Terapan Teknik Listrik

3,87

4-1

8

Aidil Saputra Kirsan

S1 Terapan Teknik Komputer Jaringan

3,71

4-1

9

Isma Suryani M.

D3 Teknik Kimia

3,84

3 -0

10

Margaretha Hanna Tiffani

S1 Terapan Teknologi Kimia Industri

3,73

4-1

11

Achmad Waris Amir

D3 Teknik Mesin

3,71

2-10

12

Ilham

D3 Teknik Konversi Energi

3,80

3-1

13

Ansyar

D3 Teknik Otomotif

3,43

3-1

14

Ikral Gapshel

S1 Terapan Teknik Pembangkit Energi

3,72

3-11

15

Fadli Nurdin

S1 Terapan Teknik Manufaktur

3,93

3-11

16

Asri Agus Pratama

D3 Administrasi BISNIS

3,97

2-11

17

Asirah

S1 Terapan Administrasi bisnis

3,87

4-1

18

Sitti Rahmah

D3 Akuntansi

3,98

3-0

19

Remon Agit Rimang

S1 Terapan Akuntansi Manajerial

3,96

4-0

 

0 Komentar
Tidak ada komentar untuk berita ini.
Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On