BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

PNUP Ikut Berlaga di Kontes Mobil Hemat Energi 2016
Diposting: Jumat, 28 Oct 2016

Bawakaraeng_TM yang merupakan tim otomotif Himpunan Mahasiswa Mesin Politeknik Negeri Ujung Pandang (HMM-PNUP) akan berlaga di ajang Kontes Mobil Hemat Energi  (KMHE) 2016. Kontes yang merupakan agenda tahunan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) dalam skala nasional ini akan dilaksanakan pada 1 – 4 November 2016 bertempat di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta dimana Universitas Gajah Mada bertindak sebagai tuan rumah pelaksana.

KMHE merupakan kegiatan yang diadakan untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam hal menguji kemampuan merancang dan membangun kendaraan yang aman, irit, dan ramah lingkungan. Dari kontes tersebut diharapkan dapat ditemukan solusi kendaraan yang dapat mengurangi pemakaian bahan bakar yang berlebihan serta dapat mengurangi dampak akibat masalah pemanasan global yang terjadi akibat besarnya emisi gas buang dari kendaraan bermesin motor bakar.

Kontes kali ini akan diikuti oleh 60 tim dari 37 perguruan tinggi se-Indonesia yang akan memperlombakan mobil kreasi mahasiswa yang seluruhnya telah melalui tahap seleksi dan lolos dalam putaran final KMHE 2016 yang telah diadakan di beberapa bulan sebelumnya. KMHE 2016 mengangkat tema “Memayu Hayuning Bawana” yang digali dari falsafah tradisi budaya Kraton Yogyakarta. Falsafah tersebut menginspirasi penyelenggaraan KMHE 2016 yang mengusung unsur inovasi teknologi, edukasi, dan nilai luhur adat budaya mengingat karya inovasi teknologi dari mahasiswa dilombakan di pelataran Candi Prambanan.

Kelas yang dilombakan tahun ini dibagi menjadi dua kategori berdasarkan target perancangan yaitu prototype dan urban. Mobil dalam kompetisi KMHE 2016 dibagi berdasarkan kelas jenis bahan bakar yang digunakan yaitu gasoline, diesel, listrik, dan etanol. Nantinya tim dengan penggunaan energi (fuel efficiency) terbaik akan menjadi juara di setiap kategori dan kelas jenis bahan bakar.  Mobil rakitan tim Bawakaraeng_TM PNUP yang akan turun berlaga di kategori urban kelas bahan bakar bensin telah dirancang dengan mengutamakan unsur keselamatan dan aerodinamis serta tentunya hemat energi. Selain itu juga telah dilakukan serangkaian uji coba yang meliputi slalom test, tes pengereman, dan uji emisi gas buang.

0 Komentar
Tidak ada komentar untuk berita ini.
Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On