BERITA SEPUTAR POLITEKNIK NEGERI UJUNG PANDANG

Mahasiswa PNUP Ikut Youth Model ASEAN Conference 2016
Diposting: Jumat, 30 Sep 2016

Politeknik Negeri Ujung Pandang kembali mendapatkan kepercayaan berkiprah di tingkat internasional dengan mengirim dua mahasiswa dalam acara Youth Model ASEAN Conference (YMAC) 2016 yang diadakan di Singapura. Dua mahasiswa PNUP itu adalah Khaerun Nisa dari jurusan Teknik Kimia dan Fatwa Dinul Lukman dari jurusan Akuntansi. Mereka akan mengikuti acara YMAC 2016 pada 2 – 7 Oktober 2016 di kampus Singapore Polytechnic (SP).

Wakil Direktur IV PNUP, Tri Hartono, LRSC, M. Chem. Eng., mengungkapkan kegembiraannya atas keberhasilan dua mahasiswa PNUP ikut berpartisipasi di acara YMAC 2016. Hal tersebut disampaikan saat melepas keduanya sebelum berangkat ke Singapura, Jumat, 30 September. Menurutnya, terpilihnya mahasiswa PNUP dalam ajang YMAC 2016 ini tidak lepas dari kerja sama yang telah terjalin antara PNUP dengan SP sejak beberapa tahun yang lalu.  Setidaknya hal itu terbukti dengan telah dilakukannya sejumlah kegiatan kerja sama dalam berbagai bentuk salah satu diantaranya adalah sharing framework kurikulum di antara ke dua perguruan tinggi itu.

YMAC yang diselenggarakan sejak tahun 2012 adalah acara simulasi tentang sebuah konferensi ASEAN yang menyatukan mahasiswa dari semua negara anggota ASEAN. Mahasiswa dari 10 negara anggota ASEAN akan bertemu untuk berbagi dan bertukar pandangan serta mempresentasikan ide mereka ke panel ahli pada akhir konferensi. Setiap  delegasi berperan sebagai diplomat dari sepuluh negara anggota ASEAN dengan melakukan penelitian dan perdebatan tentang masalah global dan regional saat ini yang dihadapi oleh setiap negara. Sidang-sidang dalam konferensi ini disimulasikan serta dirancang semirip mungkin dengan sidang ASEAN sesungguhnya. Topik-topik yang dibahas antara lain tentang  lingkungan, ekonomi, masyarakat, budaya dan keamanan. Para peserta juga akan melakukan kegiatan sosial yang berhubungan dengan topik diskusi mereka.

Acara yang terselenggara atas pendanaan dari S. Rajaratnam Endowment akan diikuti 200 mahasiswa yang terdiri dari 100 mahasiswa Singapura dan 100 mahasiswa dari 9 negara anggota ASEAN lainnya. Mahasiswa Singapura sendiri berasal dari 5 Politeknik yang ada di Singapura yaitu Singapore Polytechnic, Nanyang Polytechnic, Temasek Polytechnic, Nge Ann Polytechnic, dan Republic Polytechnic. Dari ajang YMAC diharapkan setiap mahasiswa dapat menjalin pertemanan maupun jaringan di dalam lingkup ASEAN.

Tahun ini, YMAC mengusung tema “Bridging Hearts, Building Ties” yang sejalan dengan usaha untuk menjembatani generasi muda ASEAN guna mencari solusi bersama dalam bingkai kerjasama. Secara umum, YMAC 2016 bertujuan untuk memajukan kesadaran generasi muda tentang isu-isu yang berhubungan dengan ASEAN, menumbuhkan rasa peduli dan konektivitas yang lebih besar sebagai sesame mahasiswa ASEAN, serta mempromosikan identitas ASEAN melalui berbagai kegiatan dan dialog tentang berbagai topik terkait.

Mahasiswa PNUP yang berhasil ikut dalam acara YMAC 2016 harus melalui beberapa tahapan seleksi ketat dengan berbagai persayaratan. Selain wawasan tentang ASEAN, syarat lain adalah kemampuan berbahasa Inggris. Setiap peserta harusl terampil dalam penggunaan bahasa internasional itu sebab mereka wajib mengikuti semua sesi acara dan aktif berdiskusi dengan para peserta dari negara lain.

0 Komentar
Tidak ada komentar untuk berita ini.
Leave a Reply
  • Name
  • Email
  • Messege
  • 500 Characters remaining.

  •  
  • Likes Us On